Al-Quran dan Buku Yasin Selamat dari Kobaran Api yang Membakar 3 Rumah di Kebayoran Lama

JAKARTA – Selasa siang, 14 Maret, di Jalan Rawa Simprug 3, Lingkar Putri Hijau RT 07/RW 05, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sejumlah warga masih berada di lokasi kebakaran yang menewaskan satu orang wanita lansia. Mereka masih mencari barang-barang berharga di tumpukan puing, yang masih bisa terpakai.

Wartawan VOI yang datang ke lokasi, melihat raut wajah sedih para korban kebakaran. Sebanyak tiga rumah hangus, hanya menyisakan arang pondasi rumah. Menariknya, diantara barisan buku yang ada di tembok rumah korban, terdapat buku Al-Quran dan buku Yasin masih utuh. Sementara buku lainnya hangus terbakar. Warga pun merasa terkejut dan heran melihatnya.

“Kuasa Allah, Qodarullah (bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta memang merupakan kehendak Allah SWT),” kata Ratih saat ditemui di lokasi, Selasa, 14 Maret.

Hal senada dikatakan warga sekitar, Yusuf. Ia membenarkan bila Al-Quran dan buku Yasin yang terlihat utuh, meski kondisi disekitarnya telah ludes dilalap api.

Ia meyakini, kejadian ini dilatar belakangi, dari pemilik rumah yang kerap mengadakan pengajian di rumahnya.

“Mungkin karena pemilik rumah sering gelar pengajian, jadi Al-Quran dan buku Yasinnya bisa utuh,” tutupnya.

Tercatat satu orang meninggal dalam peristiwa kebakaran di Jalan Rawa Simprug 3, Lingkar Putri Hijau RT 07/RW 05, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Menurut Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan terdapat satu orang meninggal akibat kebakaran yang melanda tiga rumah.

"Kebakaran ini mengakibatkan satu korban meninggal dunia yakni perempuan 55 tahun berinisial BS," kata Staf Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Selatan Ruwanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 14 Maret.

Selain BS, Ruwanto menyebutkan, ada satu korban lainnya mengalami luka atau patah kaki sebelah kanan akibat loncat dari lantai dua saat menyelamatkan diri.

Korban luka dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

Salah satu pemilik rumah, yakni pria berinisial AK terbangun saat mendengar suara dari ruang tamu yang berada di lantai satu rumahnya.

"Ternyata kebakaran tersebut berasal dari arus pendek kipas angin yang kemudian membuat AK langsung keluar rumah untuk meminta tolong," katanya.