Preview 16 Besar Liga Champions Chelsea Vs Borussia Dortmund: Salah Satu Penentu Nasib Potter

JAKARTA – Chelsea akan menjamu Borussia Dortmund dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. The Blues butuh kemenangan saat bermain di Stadion Stamford Bridge, Rabu, 8 Maret dini hari nanti.

Sebelumnya mereka kalah tipis 0-1 saat bertandang ke Signal Iduna Park pada leg pertama pekan lalu.

Gol tunggal sensasional dari Karim Adeyemi membuat Chelsea takluk dalam pertandingan yang ketat tersebut. Kemenangan itu jelas menguntungkan Dortmund yang hanya membutuhkan hasil imbang demi lolos ke babak berikutnya.

Akan tetapi pertandingan ini tentu tidak akan berjalan mudah bagi Dortmund. Pasalnya, juru taktik Chelsea Graham Potter sangat membutuhkan kemenangan dari pertandingan ini agar posisinya tidak didepak manajemen.

Kekalahan melawan Dortmund di leg pertama membuat nasib sang manajer disebut-sebut mulai tidak aman. Apalagi setelah itu timnya kalah beruntun di dua laga berikutnya melawan Southampton dan Tottenham Hotspur.

Tiga kekalahan dari empat laga terakhir itu membuat desakan pemecatan terhadap Potter pun semakin keras.

Desakan itu bahkan belum mereda meski The Blues memetik kemenangan atas Leeds United di laga terbaru untuk mengakhiri enam pertandingan tanpa kemenangan.

Sebelumnya beberapa laporan menyebut, posisi Potter akan aman andai ia sukses membawa Chelsea menang melawan Leeds dan Dortmund. Dengan demikian, laga dini hari nanti bisa menjadi penentu nasib pelatih 47 tahun itu

Meski demikian, perjalanan Chelsea pada babak ini di kompetisi paling elit antarklub Eropa itu selalu tidak mulus. Raksasa London Barat itu empat kali tersingkir di babak 16 besar secara beruntun antara 2014-15 dan 2019-20 sebelum melangkah jauh di musim 2020/2021.

Namun, Chelsea berhasil melangkah ke babak berikutnya setelah kalah pada laga tandang leg pertama dari tujuh pertandingan sistem gugur Liga Champions terakhir mereka di luar empat laga itu.

Sementara itu, Dortmund memasuki musim semi dengan gelar domestik dan Eropa yang berada dalam jangkauan berkat performa yang menakjubkan sejak pergantian tahun.

Tim yang dipimpin oleh Edin Terzic itu memainkan 10 pertandingan kompetitif di Bundesliga, DFB-Pokal dan Liga Champions sejak Piala Dunia, dan secara luar biasa sanggup memenangkan semuanya.

Rekor hijau Dortmund yang menakjubkan pada tahun 2023 juga mencakup lima kemenangan tandang beruntun di laga domestik. Di periode itu mereka hanya kebobolan dua gol dan mencetak sembilan gol.

Namun, sejak November 2020 mereka tidak bisa berhasil menjaga clean sheet di Liga Champions Eropa pada laga tandang. Ibukota Inggris juga tidak ramah terhadap Dortmund setelah kalah dalam lima pertandingan Eropa terakhir mereka di London sejak mengalahkan Arsenal 2-1 pada 2013.

Perkiraan Formasi

Chelsea (3-4-3): Kepa; Chalobah, Koulibaly, Fofana; James, Kovacic, Fernandez, Chilwell; Sterling, Havertz, Felix.

Borussia Dortmund (4-3-3): Meyer; Wolf, Sule, Schlotterbeck, Guerreiro ; Ozcan, Can, Bellingham; Brandt, Haller, Reus