Fakta Tentang Suhu Tubuh Wanita dan Pria, Mana yang Lebih Tinggi?

YOGYAKARTA – Suhu tubuh banyak memberi tahu tentang kondisi kesehatan. Ketika normal, bisa dikatakan tubuh menjalankan mekanisme seperti biasa. Namun jika suhu tubuh meningkat atau mengalami demam, banyak faktor yang memengaruhi kondisi ini.

Infeksi merupakan penyebab demam. Ketika mengalaminya, suhu tubuh naik turun sesuai usia, jenis kelamin, bahkan tanpa diduga saat seseorang berbohong suhu tubuh mengalami perubahan. Menurut US National Library of Medicine, suhu tubuh normal berkisar antara 36-37 derajat Celsius. Mungkin bagi Anda, sedikit lebih tinggi atau lebih rendah dari suhu rata-rata.

Suhu tubuh selalu menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Misalnya, suhu tubuh akan meningkat ketika matahari siang sedang terik-teriknya. Kemudian akan turun saat matahari mulai tergelincir terbenam. Kalau anak kecil dan bayi, suhu tubuhnya lebih tinggi daripada orang dewasa. Ini karena luas permukaan tubuh mereka relatif besar dan metabolisme mereka lebih aktif. Bayi baru lahir, rata-rata suhu tubuhnya mencapai 37,5 Celsius. Berbeda kalau dalam kondisi demam yang mengindikasikan kondisi tertentu. Biasanya, demam diikuti tubuh menggigil, berkeringat, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan selera makan, mudah marah, dehidrasi, dan tubuh lemah.

Ilustrasi fakta tentang suhu tubuh (Freepik/xb100)

Ketika demam suhu tubuh mencapai 39,4 Celsius atau lebih tinggi. Suhu ini memerlukan perhatian dan penanganan medis. Suhu tubuh tinggi pada bayi dan balita, biasanya bisa menjadi tanda infeksi serius, dilansir Everyday Health, Minggu, 26 Februari.

Penting diketahui, demam sebenarnya adalah respons tubuh. Ketika suhu tubuh meninggi, artinya mereka sedang melawan infeksi. Sebenarnya tak apa tidak diobati selama tidak diikuti gejala berbahaya lainnya. Tetapi, umumnya akan diberi resep dari dokter untuk menurunkan demam.

Suhu tubuh orang yang lebih tua, berbeda dengan anak, bayi, dan orang dewasa lebih muda. Mereka biasanya suhu tubuh lebih rendah. Menurut penelitian, suhu tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia meskipun dalam kondisi demam.

Ilustrasi fakta tentang suhu tubuh (Freepik/DCStudio)

Nah, suhu tubuh wanita dan pria, ternyata juga rata-rata berbeda. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Lancet, para peneliti di University of Utah di Salt Lake City menemukan bahwa suhu inti tubuh wanita rata-rata 0,4 derajat lebih tinggi daripada pria. Tapi tangan wanita rata-rata 2,8 derajat F lebih dingin daripada pria. Uniknya lagi, suhu tubuh akan menurun ketika berbohong. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2018 di Journal of Investigative Psychology and Offender Profiling, mereka menggunakan pencitraan termal untuk menunjukkan bahwa kecemasan yang ditimbulkan oleh kebohongan menyebabkan suhu hidung menurun dan area di sekitar dahi meningkat.

Sebagai tambahan pengetahuan, saat di luar sedang hujan dan suhu lingkungan menurun, makan berkuah dan pedas bisa membantu meningkatkan suhu tubuh Anda. Selain juga meningkatkan metabolisme, ternyata makanan pedas meningkatkan suhu inti tubuh meski suhu kulit lebih rendah.