Cara Kerja Asuransi, Penting atau Tidak?

YOGYAKARTA - Kebanyakan orang memiliki semacam asuransi: untuk mobil, rumah, atau bahkan nyawa mereka. Namun kebanyakan dari kita tidak berhenti memikirkan terlalu banyak tentang apa itu asuransi atau bagaimana cara kerja asuransi?

Sederhananya, asuransi adalah kontrak, diwakili oleh polis, di mana pemegang polis menerima perlindungan finansial atau penggantian kerugian dari perusahaan asuransi. Klien perusahaan mengumpulkan risiko untuk membuat pembayaran lebih terjangkau bagi tertanggung.

Polis asuransi digunakan untuk lindung nilai terhadap risiko kerugian finansial, baik besar maupun kecil, yang mungkin diakibatkan oleh kerusakan pada tertanggung atau propertinya, atau dari tanggung jawab atas kerusakan atau cedera yang disebabkan oleh pihak ketiga.

Cara Kerja Asuransi

Asuransi bekerja dengan menyatukan sumber daya dari sejumlah besar orang yang memiliki risiko serupa untuk memastikan bahwa sedikit orang yang mengalami kerugian terlindungi.

Saat mengambil polis asuransi dan membayar premi asuransi, Anda memasukkan sedikit uang Anda sendiri ke dalam kumpulan itu.

Jika properti Anda secara tidak sengaja hilang, dicuri, rusak, atau hancur, dan Anda memiliki polis asuransi umum yang menanggung properti tersebut dari risiko tersebut, Anda dapat mengajukan klaim dan menggunakan kumpulan uang itu untuk membantu membayar biaya perbaikan atau penggantian.

Ini memungkinkan Anda untuk menghindari membayar biaya penuh untuk mengganti, memperbaiki, membangun kembali, atau mengembalikan barang-barang berharga jika hilang, dicuri, rusak, atau hancur. Ini juga berarti Anda dapat menghindari hutang atau liabilitas yang besar.

Saat Anda membayar premi asuransi, Anda akan memiliki akses ke kumpulan uang hanya jika Anda mengklaim kerugian yang ditanggung oleh polis asuransi Anda.

Seseorang yang telah membayar premi asuransi selama bertahun-tahun mungkin tidak akan pernah mengajukan klaim.

Saat Anda membeli polis asuransi, perusahaan asuransi Anda berjanji akan membayar Anda untuk jenis kerugian yang ditetapkan dalam polis – seperti kecelakaan, pencurian, kehilangan atau malapetaka – dengan mendanai perbaikan atau penggantian barang, hingga batas polis Anda , atau terkadang dengan memberikan penyelesaian tunai.

Setiap polis asuransi memiliki aturan yang berbeda tentang apa yang akan dicakup oleh polis tersebut. Pengecualian mungkin berlaku, jadi Anda harus membaca polis Anda dengan hati-hati dan meminta saran jika Anda tidak yakin apa yang akan dicakup oleh asuransi Anda.

Apa itu underwriting?

Penjaminan adalah cara perusahaan asuransi mengetahui berapa banyak biaya untuk setiap risiko yang mereka tanggung untuk setiap orang yang membeli polis asuransi dan dengan ketentuan apa.

Saat menyiapkan polis, penjamin asuransi akan menghitung:

Berapa banyak mereka akan setuju untuk membayar kerugian

Dalam keadaan apa mereka akan melakukan pembayaran

Berapa premi yang akan didapat

Penjamin emisi memikirkan sejumlah hal yang berbeda saat menentukan harga risiko tertentu untuk asuransi. Misalnya, premi asuransi mobil dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan riwayat mengemudi pengemudi utama, serta lokasi, jenis, dan usia mobil.

Setiap perusahaan asuransi memiliki pedoman penjaminan sendiri untuk membantu menentukan apakah mereka harus menerima risiko dari situasi tertentu atau tidak.

Dalam beberapa kasus, perusahaan asuransi dapat memutuskan tidak akan menanggung risiko tertentu sementara perusahaan asuransi lain dapat melakukannya.

Underwriting melibatkan penyelesaian premi yang cukup rendah untuk menarik banyak pembeli, dan cukup tinggi sehingga akan ada cukup uang dalam dana gabungan untuk membayar semua klaim yang mungkin dibuat, plus menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham perusahaan asuransi. .

Jadi setelah mengetahui cara kerja asuransi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!