Apa Itu Bunga Anuitas, Begini Cara Menghitung dan Jenis-jenisnya
Ilustrasi bunga anuitas (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bunga anuitas merupakan istilah perbankan yang sering terdengar dalam layanan pinjaman bank. Bunga anuitas adalah salah satu metode menghitung bunga pinjaman untuk memudahkan nasabah membayar angsuran tiap periodenya. 

Sistem yang biasanya diterapkan dalam anuitas adalah bunga mengambang atau efektif (floating rate) dan bunga tetap (fixed/flat rate). Namun masih banyak nasabah yang belum paham apa itu bunga anuitas dan cara menghitungnya. 

Apa Itu Bunga Anuitas

Berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bunga anuitas adalah metode perhitungan bunga yang mengatur jumlah angsuran pokok ditambah angsuran bunga yang dibayar agar sama setiap bulannya. 

Sementara itu, dari teori perbankan menyebutkan anuitas adalah penerimaan atau pembayaran yang dilakukan secara rutin dan berkala dalam kurun waktu atau periode tertentu. Penghitungan anuitas dinilai memberikan kemuduahan bagi nasabah.

Anuitas memiliki sedikit perbedaan dalam perhitungan angsuran pokok. Anuitas dapat dihitung melalui pengurangan total angsuran dengan hasil perhitungan bunga anuitasnya untuk menentukan besaran angsurannya. Bunga anuitas akan membuat jumlah angsuran sama di setiap bulannya. 

Jumlah angsuran yang tetap dan sama  akan memudahkan nasabah dalam mengatur keuangannya. Nasabah jadi tahu berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan secara berkala. Namun meskipun total angsuran yang dibayarkan tiap bulannya besarannya sama, porsi bunga di awal masa pembayaran sangat besar. Sementara itu, porsi angsuran pokok sangat kecil. 

Kemudian, ketika mendekati masa kahir kredit, maka porsi bunga akan menjadi lebih kecil sedangkan porsi angsuran pokok sangat besar. Bunga anuitas biasanya diterapkan pada pinjaman jangka panjang seperti kredit usaha atau KPR. Selain itu, anuitas juga digunakan dalam produk investasi dan asuransi. 

Cara Menghitung Bunga Anuitas

Cara menghitung cicilan bunga anuitas menggunakan rumus untuk menghitung bunga efektif. Berikut rumus bunga anuitas:

Bunga = SP x i x (30/360)

Keterangan:

SP: saldo pokok pinjaman di bulan sebelumnya

I: suku bunga per tahun

30: jumlah hari dalam sebulan

360: jumlah hari dalam setahun

Rumus ini dikembangkan lagi untuk mendapatkan nilai yang sesuai berdasarkan rumus anuitas. Berikut ini cara menghitungnya:

P* (i/12)/( (1-(1+(i/12))^(-t)

keterangan:

P: pokok pinjaman

i: suku bunga

t: periode kredit dalam satuan bulan

Jenis-Jenis Bunga Anuitas

Ada 4 jenis bunga anuitas yang terbagi berdasarkan waktu pembayarannya. Pembayaran yang dimaksud adalah pembayaran return atau imbal dari hasil investasi atau pembayaran cicilan. 

Anuitas Sederhana

Anuitas sederhana atau ordinary annuity melakukan pembayaran atau penerimaan setiap akhir periode yang sudah ditentukan. Anuitas sederhana bisa dilihat pada pembayaran hipotek atau instrumen utang yang memanfaatkan jaminannya berupa aktiva tetap, seperti bangunan, gedung, rumah, tanah, hingga mesin. 

Anuitas Jatuh Tempo

Anuitas jenis ini merupakan kebalikan dari anuitas sederhana. Anuitas jatuh tempo atau due annuity melakukan pembayaran secara berkala dan penerimaannya dilakukan di awal periode. Contoh anuitas jatuh tempo terdapat pada produk asuransi, yakni saat Anda melakukan pembayaran premi secara berkala di awal periode untuk mengklaim produk asuransi yang Anda beli. 

Anuitas Langsung 

Anuitas langsung atau immediate annuity melakukan pembayaran atau penerimaan dari nilai anuitas akan diberikan langsung tanpa adanya penangguhan serta penundaan. Anuitas jenis ini sama seperti anuitas biasa. Contoh anuitas langsung adalah saat membeli kendaraan secara kredit, di mana seorang harus membayar secara langsung tanpa penundaan. 

Anuitas Tangguhan/Tertunda

Anuitas ini merupakan kebalikan dari anuitas langsung. Anuitas tertunda atau deferred annuity melakukan pembayaran atau penerimaan dengan ditunda atau ditangguhkan. Jadi pembayaran dan penerimaan dilakukan hanya pada masa tertentu saja atau selepas jangka waktu tertentu. Dengan begitu pembayaran dan penerimaan dapat ditunda. Contohnya anuitas tertunda adalah pembayaran bunga kredit atau pinjaman, dan penerimaan bunga deposito. 

Demikianlah ulasan mengenai bunga anuitas. Bunga anuitas adalah salah satu metode menghitung bunga pinjaman untuk memudahkan nasabah melakukan pembayaran angsuran secara berkala. Empat jenis bunga anuitas di atas perlu Anda pahami, begitu juga cara menghitungnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.