Kenali Jenis-Jenis Asuransi Pendidikan Anak dan Manfaatnya bagi Orang Tua
Ilustrasi pendidikan anak (Freepik/Jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pendidikan anak merupakan hal penting yang harus disiapkan oleh orang tua. Selain mengumpulkan uang untuk dana pendidikan anak, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah mendaftar asuransi pendidikan. Oleh karena itu, jenis-jenis asuransi pendidikan wajib dipahami orang tua. 

Asuransi pendidikan menjadi salah satu cara untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Bahkan asuransi pendidikan menjadi investasi penting demi masa depan anak. Asuransi ini berguna untuk membantu keuangan Anda untuk kebutuhan pendidikan anak. Jadi sekolah anak akan tercover dengan baik oleh asuransi ini. 

Mengingat biaya pendidikan anak tidaklah sedikit, maka memiliki asuransi pendidikan perlu dilakukan orang tua. Sayangnya masih banyak orang tua yang belum tahu apa itu asuransi pendidikan dan jenisnya. 

Apa Itu Asuransi Pendidikan 

Asuransi pendidikan adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan layanan proteksi dalam hal pendidikan. Asuransi ini memberikan pertanggungan terhadap biaya-biaya yang dibutuhkan dalam pendidikan anak. 

Asuransi pendidikan hadir sebagai solusi bagi orang tua yang menyiapkan dana pendidikan anak, mulai dari taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, hingga perguruan tinggi. Adanya asuransi pendidikan dapat membantu mengatasi masalah keuangan yang terjadi dalam pendidikan anak, mulai dari biaya masuk, uang beli buku, beli seragam, dan lainnya. 

Jenis-Jenis Asuransi Pendidikan

Jenis pendidikan asuransi yang umum dikenal ada dua, yaitu unit link dan dwiguna. Namun ada juga produk asuransi serupa dari lembaga syariah. Berikut penjelasan tiap-tiap jenis asuransi tersebut. 

Asuransi Unitlink

Asuransi unit link merupakan jenis proteksi yang cara kerjanya punya perjanjian dengan investasi. Jenis asuransi ini memiliki profit yang bisa diambil bersamaan pada saat pembayaran biaya pendidikan. Namun perlu diingat bahwa tidak ada jaminan akan terus memperoleh keuntungan dari asuransi yang diambil. 

Asuransi Dwiguna

Asuransi dwiguna adalah gabungan sistem jaminan pendidikan sekaligus tabungan. Dalam asuransi ini, orang tua bisa membayar premi selama jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Namun demikian apabila waktu pencairan tiba, maka uang yang diterima pun terbilang cukup banyak. 

Asuransi Syariah

Asuransi syariah dalam hal pendidikan pada dasarnya sama dengan jenis asuransi lainnya. Namun ada hal yang membedakan asuransi syariah, yakni segala bentuk transaksi dan perjanjian dilakukan atas asas syariat Islam. 

Pentingnya Memiliki Asuransi Pendidikan

Ada sejumlah manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengambil asuransi pendidikan bagi anak. Berikut beberapa manfaat dari asuransi pendidikan anak.

  • Terhindar dari inflasi biaya pendidikan.
  • Mengatasi risiko pada orang tua, misalnya saat finansial keluarga sedang buruk, kondisi orang tua tidak bisa mencari nafkah lagi, dan lainnya.

Cara Kerja Asuransi Pendidikan

Mungkin Anda masih bingung dengan sistem atau cara kerja asuransi pendidikan. Berikut gambaran cara kerja asuransi pendidikan anak. 

  • Nasabah membayarkan premi kepada perusahaan penyedia asuransi pendidikan.
  • Manajer investasi di perusahaan asuransi akan memproses premi yang disetorkan nasabah ke instrumen investasi.
  • Return dari hasil investasi tersebut akan dilaporkan kepada nasabah di akhir tahun.
  • Nasabah bisa mengajukan klaim atas hasil investasi untuk mendapatkan uang pertanggungan terhadap biaya pendidikan anak. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis asuransi pendidikan anak dan manfaatnya bagi orang tua. Ada berbagai rekomendasi asuransi pendidikan yang bisa dipilih oleh orang tua, seperti Manulife, Prudential, Mandiri, BCA, BNI, dan sebagainya. Asuransi pendidikan sangat penting dimiliki orang tua karena bermanfaat memproteksi kebutuhan pendidikan anak apabila terjadi risiko di kemudian hari. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.