Investor Kripto dapat Salam dari Mantan Pejabat SEC: Anda 100 Persen Sendirian!

JAKARTA – John Reed Stark adalah mantan kepala penegakan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang menjabat kepala Kantor Penegakan Hukum Internet SEC selama 11 tahun. Baru-baru ini, dia memberikan peringatan keras kepada industri kripto.

Menurutnya, serangan gencar peraturan terhadap industri kripto baru saja dimulai. Peringatannya muncul setelah beberapa tindakan penegakan hukum yang dilakukan oleh SEC terhadap perusahaan-perusahaan kripto besar.

Stark menyatakan dalam sebuah tweet bahwa SEC "memukul Blockfi karena gagal mendaftarkan program peminjaman kripto, menghentikan Coinbase dari meluncurkan program peminjaman kripto, dan baru saja memukul Gemini/Genesis untuk grift peminjaman kripto Earn-nya".

Dilansir Bitcoin.com News, Stark juga menambahkan bahwa tindakan penegakan SEC ini hanyalah awal dari tindakan keras regulasi yang jauh lebih besar pada industri kripto.

Pekan lalu, SEC menuduh pertukaran kripto Gemini dan pemberi pinjaman kripto Genesis "untuk penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar kepada investor ritel melalui program peminjaman aset kripto Gemini Earn". Tindakan ini menunjukkan tekad SEC untuk melindungi investor ritel dari investasi kripto yang tidak terdaftar dan berpotensi menipu. Pada bulan Februari tahun lalu, regulator juga mengambil tindakan terhadap platform peminjaman kripto Blockfi, yang mengajukan kebangkrutan pada bulan November.

Selanjutnya, pada September 2021, SEC mengancam akan menuntut Coinbase jika pertukaran kripto yang terdaftar di Nasdaq melanjutkan untuk meluncurkan program peminjaman. Coinbase kemudian mengesampingkan rencananya, menyoroti kekuatan dan tekad SEC untuk mengatur industri kripto. Stark adalah sosok yang skeptis terhadap kripto, dia cukup vokal dan secara teratur berkomentar di media sosial tentang bahaya berinvestasi dalam mata uang kripto.

"Di kripto-land, permainan skema Ponzi berlanjut dan death-spiral mungkin sekarang telah dimulai," katanya November lalu. Dia juga menekankan bahwa kripto tidak memiliki "tidak ada asuransi FDIC, tidak ada tim pemeriksa SEC, tidak ada pengawasan regulasi, tidak ada lisensi, dan tidak ada perlindungan konsumen." Dia telah memperingatkan bahwa dengan investasi kripto: "Anda 100 persen sendirian."

Mengutip Bitcoin.com News, Stark juga menyatakan bahwa pembawa acara CNBC Mad Money, Jim Cramer telah memperingatkan tentang SEC yang melakukan "sapuan besar-besaran" di industri kripto. Dia telah mendesak investor untuk keluar dari kripto sekarang, mengingat potensi risiko dan kurangnya pengawasan regulasi di industri.

Kesimpulannya, tindakan penegakan hukum baru-baru ini yang diambil oleh SEC terhadap perusahaan-perusahaan kripto besar, dan peringatan dari Stark, menunjukkan tekad regulator untuk melindungi investor ritel dan membawa pengawasan peraturan yang lebih besar ke industri kripto.

Penting bagi investor untuk mempertimbangkan potensi risiko dan kurangnya pengawasan regulasi sebelum berinvestasi dalam mata uang kripto. Dengan investasi kripto, seperti yang diperingatkan Stark, "Anda 100 persen sendirian."