Kenapa Minions Jadi Unggulan di Malaysia Open, tapi Tidak di Indonesia Masters? Ternyata Ini Jawabannya

JAKARTA - BWF sudah merilis hasil undian turnamen bulu tangkis Indonesia Masters dan Malaysia Open 2023. Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, menyandang status berbeda di dua turnamen itu.

Saat tampil di Malaysia Open, 10-15 Januari, pasangan yang dijuluki Minions itu berstatu unggulan kedua. Namun, status itu tak berlaku di Indonesia Masters, 24-29 Januari.

Ganda putra peringkat ke-23 dunia tersebut tidak dijadikan sebagai unggulan. 

Kepala Bidang Humas dan Media PBSI Broto Happy menjelaskan alasan perbedaan status Kevin/Marcus tersebut.

Dia mengatakan, Malaysia Open masih menggunakan ranking BWF lama dalam penentuan undian. Sementara Indonesia Masters sudah menggunakan yang baru.

"Malaysia Open masih menggunakan ranking poin BWF yang lama. Saat itu Minions ada di ranking dua dunia. Untuk Indonesia Masters (sudah) berdasar ranking dunia terbaru," kata dia kepada VOI.

Untuk turnamen Indonesia Masters, status unggulan pertama dipegang pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra Indonesia ini memang baru saja menyegel status peringkat 1 dunia.

Kevin/Marcus akan menghadapi pasangan tuan rumah Man Wei Chong/Kai Wun Tee di babak pertama Malaysia Open 2023. Sementara itu, di Istora Senayan, mereka akan menghadapi wakil Korea Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.

Sedangkan Fajar/Rian akan bersua dengan pasangan Prancis Christo Popov/Toma Junior Popov di Maaysia. Adapun saat di Indonesia Masters nanti, Fajar/Rian akan langsung bertemu kompatriot mereka, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Lalu pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan akan berhadapan dengan wakil China He Ji Ting/Zhou Hao Dong di Malaysia dan bertemu dengan wakil Jepang Akira Koga/Taichi Saito di Jakarta.