Fitbit Akan Sepenuhnya Terintegrasi dengan Google pada Tahun 2025

JAKARTA - Pada  September lalu, Fitbit mengumumkan transisi akunnya di mana mereka akan merangkul akun Google sepenuhnya di aplikasi maupun situs webnya, setelah Google berhasil mengakuisisi Fitbit pada tahun 2021. 

Namun sebelum perubahan itu terjadi, berdasarkan sebuah notifikasi yang ditemukan oleh Android police dan 9to5google, Fitbit akan menghapus opsi untuk masuk ke situs web Fitbit (Fitbit.com) menggunakan kredensial Google.

“Kami menghapus opsi untuk masuk ke akun Anda di fitbit.com dengan kredensial Google Anda untuk mendukung pengalaman yang lebih baik segera hadir," kata notifikasi tersebut. 

Belum pasti kapan perubahan itu akan diterapkan, namun mulai 2023 nanti perusahaan berencana untuk mengaktifkan penggunaan Fitbit dengan akun Google. 

Di mana Akun Google di Fitbit akan mendukung sejumlah manfaat bagi pengguna Fitbit, termasuk login tunggal untuk Fitbit, akses ke layanan Google lainnya, dan fitur dari Google di Fitbit.

Berdasarkan laman bantuan Fitbit, perusahaan menjelaskan bahwa saat ingin menggunakan aplikasi atau perangkat Fitbit, Anda harus memiliki akun Fitbit. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan akun Fitbit Anda untuk masuk ke aplikasi Fitbit dan menghubungkan perangkat untuk menyinkronkan data ke akun Anda. 

Sedangkan akun Google nantinya hanya akan memberikan Anda akses ke layanan Google, termasuk Gmail, Drive, Maps, YouTube, dan lainnya, bukan untuk login masuk ke aplikasi Fitbit. 

Perubahan ini untuk layanan akun Fitbit yang digantikan oleh Akun Google standar, menyederhanakan cara masuk ke layanan, sehingga tidak akan ada lagi dua sistem yang berbeda. 

Akun Google akan diperlukan untuk mengakses fitur baru dan menyiapkan perangkat, meskipun pengguna dapat tetap menggunakan akun Fitbit yang ada hingga tahun 2025.

Saat konsolidasi ini diluncurkan, Anda harus "menyetujui untuk mentransfer data pengguna Fitbit Anda dari Fitbit ke Google". Ini belum ada garis waktu untuk kapan ini akan terjadi.