Smartwatch Fitbit Bisa Deteksi Suara <i>Ngorok</i> saat Tidur
Aplikasi Fitbit (9to5google)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak tahun 2017, Fitbit sudah menawarkan fitur pemantauan tidur pada jam pintar bikinannya. Sejak awal, fungsi utama fitur ini adalah mengukur detak jantung dan gerakan. Data-data tersebut kemudian dikumpulkan lalu dianalisa agar Anda bisa lebih memahami siklus tidur.

Tak lama lagi, smartwatch Fitbit yang Anda gunakan bakal memiliki fitur yang lebih canggih. Berdasarkan hasil uji coba tim 9to5google yang membongkar jeroan aplikasi Fitbit, ditemukan keberadaan fitur deteksi suara bising dan ngorok yang hampir sempurna.

Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya, fitur tersebut bakal mengubah mikrofon pada gadget pelacak atau smartwatch untuk menghitung berapa lama seseorang mengorok. Data yang terkumpul akan disajikan dalam bentuk persentase, kemudian dikelompokkan dalam tiga kategori.

Sebagai contoh, jika Anda menghabiskan 10 hingga 40 persen waktu tidur dengan mengorok atau mendengkur, maka Fitbit akan mengkategorikannya sebagai kasus menengah. Sayangnya, menurut pengakuan Fitbit via Endgadget, fitur tersebut belum bisa membedakan siapa yang membuat suara.

Artinya, jika pasangan Anda juga mengorok, maka suaranya juga akan dimasukkan dalam data serta dicampur dengan data pribadi Anda.

Fitur pelacakan tidur Fitbit (9to5Google)

BACA JUGA:


Bisa deteksi Kebiisingan Ruangan

Pendeteksi ngorok alias bunyi dengkuran jadi satu hal yang bisa dideteksi oleh Fitbit. Nantinya, gawai Fitbit milikmu bakal bisa mendeteksi tingkat kebisingan ruangan saat tidur.

Sama seperti pendeteksi ngorok, fitur ini bakal memberitahu pengguna tingkat kebisingan berdasarkan kategori tertentu. Mulai dari ‘sangat hening’ –klasifikasi yang terdiri atas 30 dBA atau lebih hingga hitungannya mencapai 90 dBA.

Cara kerja fitur ini dengan, menghidupkan mikrofon sepanjang malam agar kinerja fitur lebih optimal tentu membuat baterai jadi boros. Oleh karena itu, perusahaan menyarankan agar pengguna mengisi ulang daya hingga minimal 40 persen sesaat sebelum tidur.

Selain itu, Fitbit juga menyarankan agar pengguna tidak memutar musik atau suara lain selama tidur. Sehingga, data yang diperoleh dan diolah pun bisa lebih valid.