Bisnis Ayam Organik: Yakin Tak Mau Mencoba?

YOGYAKARTA - Rata-rata orang Indonesia suka makan ayam dan menjadi bahan makanan pokok hampir di setiap masakannya, menjadikannya sumber utama protein hewani dalam makanan Indonesia baik yang organik maupun yang non-organik. Lalu bagaimana denga potensi bisnis ayam organik?

Permintaan ayam yang tinggi ini telah menciptakan peternakan pabrik yang didorong oleh laba. Kondisi ini terlihat sangat berbeda dengan peternakan di halaman belakang dan peternakan skala kecil nenek moyang kita.

Banyak orang yang ingin menghasilkan makanan yang lebih berkelanjutan untuk diri mereka sendiri dengan tujuan beternak ayam untuk diambil daging atau telurnya. Dan, sebagai insentif tambahan, petani dapat menjual ayam organik yang dibudidayakan di peternakan untuk mendapatkan keuntungan ke restoran dan pedagang grosir, serta langsung ke pelanggan.

Faktor-faktor tertentu seperti pakan, akses padang rumput, perumahan dan ras membedakan peternakan ayam organik dari yang lain yang mungkin menggunakan praktik pertanian serupa. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin memulai bisnis ayam organik dengan cara yang lebih sehat dan alami.

Bisnis Ayam Organik Apakah Menguntungkan?

Peternakan ayam organik bisa menjadi bisnis yang menguntungkan untuk peternakan kecil. Memelihara burung pedaging secara organik, di padang rumput, ramah lingkungan dan ramah hewan.

Keuntungan ayam organik sebagai hewan ternak untuk peternakan kecil Anda banyak:

Daging ayam adalah perubahan haluan yang cepat: dalam 8-10 minggu Anda dapat membesarkan anak ayam umur satu hari ke ukuran pemanggang. Ini berarti pengembalian cepat atas investasi Anda. Anda juga dapat melakukan lebih dari satu kumpulan burung dalam setahun.

Ayam pedaging hemat tempat: Anda tidak perlu banyak lahan untuk beternak ayam, bahkan di padang rumput. Sekelompok 100 burung dapat dikurung di sekitar 1/4 hektar tanpa merusak tanah.

Ayam pedaging hemat waktu: merawat unggas yang digembalakan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit sehari. Ini menyisakan waktu untuk kegiatan pertanian lainnya.

Ayam kampung organik adalah produk premium: jika Anda pernah melihat harga ayam organik di toko-toko, Anda akan melihat mereka mengenakan harga yang lumayan. Ini berarti Anda memiliki margin keuntungan yang bagus untuk burung Anda sendiri.

Dan tentu saja, ayam organik kampung enak! Anda dapat mengisi freezer Anda sendiri dengan daging yang sehat dan enak.

Contoh Pelaku Bisnis Ayam Organik

Satu lagi tawaran kemitraan bisnis ayam goreng hadir di daftar menu investasi Anda. Kali ini, pengusaha asal Sidoarjo, Jawa Timur, Nadia Maulina, menawarkan kerja sama kemitraan ayam goreng dengan merek Fritto's.

Nadia mengklaim, ayam goreng miliknya berbeda dibanding yang lain, sebab memakai ayam organik. "Tak seperti ayam goreng pada biasanya yang menggunakan ayam reguler sebagai bahan dasarnya," katanya.

Nadia mengukur, pemilihan ayam organik akan menarik konsumen, khususnya orang yang mempunyai pola hidup sehat. Ayam organik umumnya mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi daripada ayam non-organik.

"Selama ini makanan cepat saji seperti ayam goreng dilihat tak sehat," ujarnya. Ada dua ragam ayam organik yang ditawarkan, yakni ayam kampung dan ayam broiler.

Fritto's baru berdiri semenjak sebagian bulan lalu, dan dikala ini gerainya baru cuma ada satu di Sidoarjo. Persyaratan menjadi mitra usaha yakni menginvestasikan dana sebesar Rp 25 juta. Dengan investasi itu, mitra Fritto's menerima sejumlah fasilitas, seperti gerobak, bahan baku, banner dan lain-lain.

Standar Ketat untuk Ayam Organik

Ayam yang diberi label "organik", harus dipelihara sesuai dengan aturan Program Organik Nasional USDA sejak hari kedua setelah menetas. Aturan-aturan ini meliputi:

Tidak menggunakan antibiotik. Anda tidak boleh memberikan obat, antibiotik, dan/atau hormon kepada burung organik. (Perhatikan juga bahwa tidak sah memberikan hormon pada ayam mana pun.

Jika ayam yang dipelihara secara organik sakit dan membutuhkan antibiotik, maka harus dikeluarkan dari program organik. Lebih dari separuh antibiotik yang diberikan pada hewan ternak, termasuk ayam, identik dengan yang diberikan pada manusia.

Industri ayam telah membuat kemajuan besar untuk mengurangi jumlah antibiotik manusia yang diberikan kepada ayam. Penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan strain bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Ini membuka pintu lebih luas untuk potensi penyakit manusia.

Akses ke padang rumput. Aturan organik hanya menentukan bahwa burung harus dapat mengakses alam bebas.

Anda bisa memberikan akses outdoor melalui pintu kecil di gudang besar yang berisi ribuan ayam. Bergantian, Anda bisa memelihara ayam di padang rumput sepanjang hidup mereka.

Pakan organik saja. Anda harus menyediakan pakan organik bersertifikat seumur hidup ayam Anda. Ini termasuk biji-bijian organik, pakan dan suplemen yang disetujui oleh aturan NOP.

Biji-bijian organik tidak dimodifikasi secara genetik dan diproduksi sesuai dengan standar NOP.

Pakan ayam organik bersertifikat tidak akan mengandung hal-hal berikut:

  • Produk sampingan hewan
  • Biji-bijian diperlakukan dengan herbisida kimia sintetis, pestisida atau pupuk
  • Asam amino sintetik
  • Antibiotik

Tanah penggembalaan organik. Padang rumput tempat ayam organik dipelihara harus bersertifikat organik dan dikelola sesuai dengan standar NOP.

Inspeksi pihak ketiga. Inspeksi tahunan terhadap peternakan ayam organik memastikan standar tersebut terpenuhi. Inspektur sertifikasi pihak ketiga mungkin berasal dari departemen pertanian negara bagian. Atau mereka bisa berasal dari organisasi pertanian nirlaba atau perusahaan yang menawarkan jasa konsultasi organik.

Jadi setelah mengetahui bisnis ayam organik, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!