Rusia Soroti Pengunduran Diri Liz Truss: Kementerian Luar Negeri Bilang Aib, Mantan Presiden Selamati Selada

JAKARTA - Pengunduran diri Liz Truss dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris menarik perhatian, tidak terkecuali Rusia yang kerap bertukar kritik dengan Inggris.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan pengunduran diri hanya enam minggu setelah dilantik, dampak program ekonomi yang mengejutkan pasar keuangan dan memecah belah Partai Konservatif.

Berbicara di luar pintu kantor Nomor 10 Downing Street, London, Kamis kemarin, Truss menerima dia tidak dapat memenuhi janji yang dia buat ketika dia mencalonkan diri sebagai pemimpin Konservatif, karena kehilangan kepercayaan dari partainya.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyambut kepergian Liz Truss Hari Kamis dengan mengatakan, dia adalah aib seorang pemimpin yang akan dikenang karena "bencana buta huruf" nya.

"Inggris tidak pernah mengetahui aib seorang perdana menteri," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova dalam sebuah unggahan media sosial, melansir Reuters 20 Oktober.

Sementara, mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menulis di Twitter dalam bahasa Inggris: "Bye, bye @trussliz, congrats to lettuce", mengacu pada siaran langsung tabloid Daily Star yang menanyakan apakah jabatan perdana menteri Truss yang bermasalah akan bertahan lebih lama dari umur simpan selada.

Pengunduran diri Truss menarik liputan luas dan gembira di televisi pemerintah Rusia. Seorang tamu di acara bincang-bincang politik unggulan "Time Will Tell" mengatakan, Truss memiliki tiga sifat yang dibutuhkan untuk berkembang dalam politik Inggris: "Kebodohan, kesombongan, dan permusuhan".

Lizz Truss telah menjadi sasaran komentar pedas dari Moskow sejak dia berkunjung pada Februari, sebagai bagian dari upaya sia-sia oleh politisi Barat untuk mencegah invasi Rusia ke Ukraina.

Istilah buta huruf nampaknya merujuk pada perjalanan luar negeri tersebut, yang dilakukan oleh Truss ketika masih menjabat sebagai menteri luar negeri.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, dia tampak bingung mengenai dua wilayah Rusia dengan Ukraina, sehingga menimbulkan ejekan di media Rusia.

Para pejabat Rusia sejak awal memandang samar-samar jabatan perdana menteri Truss dan telah 'menikmati' banyak kesalahannya.

Setelah pengangkatannya pada Bulan September, Lavrov mengatakan Truss tidak tahu bagaimana berkompromi, mempertanyakan bagaimana pemimpin Inggris itu bisa mengatakan dia tidak tahu apakah Presiden Prancis Emmanuel Macron adalah 'teman atau musuh'.

Zakharova juga mengejek pemotretan profil tinggi Truss di Estonia tahun lalu, di mana dia mengenakan jaket antipeluru dan helm untuk naik tank selama kunjungan ke pasukan Inggris yang ditempatkan di negara Baltik.

Diketahui, hubungan antara Moskow dan London telah merosot ke level terendah dalam beberapa dekade, bahkan sebelum Rusia menginvasi Ukraina, dipicu keracunan mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal di Kota Salisbury di Inggris pada 2018.