Google Hadapi Penyelidikan dari UE, Atas Dominasi dalam Bisnis Periklanan Digital
JAKARTA - Google dapat menghadapi tuduhan antimonopoli UE tahun depan atas bisnis periklanan digitalnya. Menurut beberapa sumber, pada Kamis 13 Oktober, tuduhan ini menempatkan anak perusahaan Alphabet ini pada risiko denda keempat dari UE yang mencapai lebih dari satu miliar euro.
Bisnis iklan Google, yang menghasilkan penjualan lebih dari 100 miliar dolar AS tahun lalu, adalah penghasil uang terbesar di Alphabet. Mereka menyumbang sekitar 80% dari pendapatan tahunan, meskipun ada upaya selama dekade terakhir untuk mendorong penjualan perangkat keras, layanan berlangganan, dan teknologi komputasi awan.
Komisi Eropa meluncurkan penyelidikan terhadap bisnis adtech Google pada Juni tahun lalu. Mereka curiga bahwa raksasa teknologi AS itu mungkin mendapatkan keuntungan yang tidak adil atas saingan dan pengiklan.
Menurut sumber, Google yang mempertaruhkan denda empat miliar euro, kemudian berusaha menyelesaikan kasus tersebut tetapi konsesi kecil dan sangat awal. Google juga telah mengumpulkan lebih dari 8 miliar euro dalam denda antimonopoli UE dalam dekade terakhir.
Penegak persaingan UE kemungkinan akan mengeluarkan dakwaan awal tahun depan meskipun waktunya masih dapat berubah.
Komisi anti persaingan UE juga telah meminta pihak ketiga untuk menghapus rincian rahasia dalam kiriman mereka, biasanya merupakan pendahuluan untuk mengizinkan Google mengakses dokumen setelah menerima pernyataan keberatan.
Google dapat menghindari tuduhan dengan menawarkan lebih banyak konsesi untuk menyelesaikan penyelidikan. Beberapa perusahaan lebih memilih untuk melihat masalah regulasi yang tepat sebelum mengusulkan solusi yang disesuaikan dengan ini.
Komisi UE sendiri menolak berkomentar tentang laporan itu. Sementara Google, sebagai penjual iklan online terkemuka di dunia, bahkan jauh di depan Facebook dan Instagram milik Meta Platforms Inc, tidak segera berkomentar atas laporan itu.
“Kasus ini menjadi inti dari model bisnis berbasis iklan Google, yang memengaruhi pengiklan, penerbit, penyedia teknologi iklan, dan pengguna,” kata Dieter Paemen, mitra di firma hukum Clifford Chance, kepada Reuters. Paemen sebelumnya telah memberi nasihat kepada saingan Google dalam kasus lain.
Baca juga:
"Sudah lama muncul, pengiklan dan penerbit telah mengangkat senjata tentang perilaku teknologi iklan Google selama bertahun-tahun. Google beroperasi di banyak sisi dari transaksi periklanan dan memberi penerbit dan pengiklan kesepakatan mentah," katanya.
Dominasi Google dalam periklanan online semakin dipertanyakan selama beberapa tahun terakhir. Keluhan dari para pesaing tentang praktik anti-persaingan yang diduga telah menyebabkan penyelidikan antimonopoli di lima benua mengenai praktiknya tersebut.
Bisnis iklan Google menghasilkan penjualan hampir 111 miliar dolar AS selama paruh pertama tahun ini. Analis memperkirakan Google menghasilkan 233 miliar dolar AS dalam penjualan iklan tahun ini, naik sekitar 11% dari tahun lalu, menurut perkiraan Refinitiv.
Bisnis iklan Google mencakup banyak bagian, tetapi iklan penelusuran memimpin dalam hal pendapatan. Aspek lainnya termasuk menjual iklan di situs web dan aplikasi mitra luar dan menjual iklan di YouTube, Gmail, dan layanan internal lainnya.