Max Verstappen Punya Peluang Besar Segel Gelar Juara F1 2022: Saya Tak Terlalu Memikirkannya

JAKARTA - Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, merebut pole position balapan F1 GP Jepang. Ini membuka peluang untuknya bisa menyegel gelar juara di Sirkuit Suzuka.

Verstappen menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu, 8 Oktober. Pebalap asal Belanda itu mencatatkan waktu kualifikasi dengan 1 menit 29,304 detik.

Verstappen bisa mengunci gelar juara apabila menang di Suzuka dengan satu poin tambahan dari lap tercepat, tidak peduli di posisi mana rival-rivalnya finis.

Apabila tak bisa mendapatkan poin tambahan dari lap tercepat, Verstappen bisa juga mempertahankan gelarnya apabila Leclerc finis ketiga atau lebih rendah.

"Saya tidak terlalu memikirkannya, hanya berusaha sebaik mungkin setiap harinya," kata Verstappen yang telah memenangi 11 dari 17 balapan musim ini.

"Saya rasa apa yang lebih penting adalah bahwa kami memiliki mobil yang kompetitif dan itu jelas terlihat dari apa yang kami dapatkan hari ini di kualifikasi. Semoga besok akan sama di balapan karena kami membutuhkan balapan yang sempurna agar bisa menang besok," lanjutnya, seperti dikutip dari AFP via Antara.

Dia sempat terancam kehilangan pole setelah steward melakukan investigasi terhadap insiden di trek yang melibatkannya dengan Lando Norris dari McLaren. Putusannya adalah Verstappen mendapat teguran, tapi tetap berhak start dari posisi terdepan.

Verstappen dan Norris nyaris bertabrakan di kualifikasi saat sang pebalap Belanda tiba-tiba berbelok ke kiri. Sang pebalap McLaren terpaksa menghindar sehingga melaju ke rumput.

Verstappen kemudian menyalahkan Norris. Dia menyebut, seharusnya Norris lebih menghormati pebalap lain di chicane itu.

"Saya rasa tidak akan ada yang mencoba menyalip di chicane terakhir itu, jadi pada dasarnya dengan mencoba melewati saya maka Anda membuat masalah itu," kata Verstappen.