Banjir Mulai Surut, Kini Sisa 5 RT di Jakarta Tergenang Hingga 50 Sentimeter

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat bahwa titik banjir di Jakarta yang terjadi sejak sore hari kemarin mulai berkurang. Per pukul 09.00 WIB, tinggal 5 RT yang masih terendam banjir.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 11 RT, saat ini menjadi 5 RT atau 0,016 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Jumat, 7 Oktober.

Banjir tersebut terletak di Jakarta Barat. Rinciannya, 1 RT di Kelurahan Kembangan Utara dengan ketinggian 40 sentimeter, 3 RT di Kelurahan Kebon Jeruk dengan ketinggian 40 sentimeter, dan 1 RT di Kelurahan Rawa Buaya dengan ketinggian hingga 50 sentimeter.

"Penyebab genangan adalah curah hujan tinggi dan luapan Kali Angke. Seluruh pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing," ujar Isnawa.

Sampai hari ini, BPBD DKI Jakarta bersama satuan kerja perangkat daerah terkait masih lakukan penyedotan genangan. Genangan ditargetkan surut dalam waktu cepat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menginformasikan kewaspadaan cuaca ekstrem, yakni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Jakarta yang masih akan terjadi sampai 8 Oktober 2022.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan yang terjadi," ungkap dia.

Sebagai informasi, hujan deras yang terjadi sejak kemarin siang hingga sore hari mengakibatkan 111 RT di Jakarta terendam banjir. Selain itu, 20 ruas jalan juga tergenang. Sampai hari ini, banjir seluruh ruas jalan telah surut.