Jangan Heran kalau Anies Baswedan Bakal Terus Pamer Capaian Kerjanya Sebelum Lengser

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku dirinya akan memamerkan capaian kerjanya selama memimpin DKI lima tahun terakhir. Hal ini akan disampaikan sebelum masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober mendatang.

Anies mengklaim bahwa dirinya sudah banyak mengeluarkan program maupun kebijakan selama menjabat.

"Tentang yang sudah (dikerjakan), itu jilidnya panjang sekali yang sudah dikerjakan. Nanti (penjelasannya) dikirimkan, Insyallah sebelum selesai 16 Oktober nanti akan ada paket apa yang sudah dikerjakan," kata Anies di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 28 September.

Selama lima tahun menjabat, Anies mengklaim dirinya pun telah melanjutkan kerja pemimpin Jakarta sebelumnya. Hal ini perlu terus dilakukan oleh penerus Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan, pekerjaan pemerintah daerah akan terus berjalan meskipun kepala daerahnya berganti dari satu ke yang lainnya.

"Jadi itu semua adalah semua yang dikerjakan bagian dari sebuah keberlanjutan. Ada hal yang baru, ada hal yang meneruskan dan itu nanti menjadi sebuah program untuk masyarakat yang pejabat-pejabat berikutnya bisa melakukan assesmen dan mencetuskan," urainya.

Sebelumnya, Anies pernah mengungkapkan bahwa masa-masa sebelum jabatannya berakhir sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober nanti merupakan masa panen. Artinya, sekitar satu bulan sebelum masa jabatan sebagai DKI 1 berakhir, Anies kerap meluncurkan program-program yang telah dia rencanakan selama menjabat.

Salah satu contohnya, Anies akan meresmikan Jakarta International Climbing Wall Park di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Sarana olahraga panjat tebing seluas 7.998 meter persegi ini telah dibangun sejak tahun 2019.

"Ini fasilitas yang ada sekarang, fasilitas baru. Fasilitas yang dikatakan tadi, menurut teman-teman federasi panjat tebing, terbaik se-Indonesia. Makanya saya bilang, ini kan masa panen, nih, satu-satu. Benar kan? Panen, dong," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 19 September.