Banyak Dibutuhkan Perusahaan, Apa Tugas Digital Marketing?

YOGYAKARTA – Profesi digital marketing saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan, baik itu perusahaan rintisan (startup) ataupun perusahaan konvensional. Jika Anda punya keinginan untuk menjadi seorang digital marketer, ketahui tugas digital marketing dalam dunia pemasaran.

Profesi digital marketing banyak dibutuhkan oleh perusahaan karena strategi marketing saat ini telah berkembang. Perusahaan banyak mengunakan media digital untuk memasarkan produk mereka.

Kondisi ini memudahkan para customer untuk belanja, karena produk bisa diakses secara online.

Asal tau saja, profesi digital marketing tidak hanya untuk lulusan marketing saja. Semua orang bisa menjadi digital marketer entah itu akuntan, guru, hingga ibu-ibu rumah tangga.

Sebelum membahas tugas digital marketing, alangkah baiknya jika kita mempelajari apa itu digital marketing

Digital Marketing Adalah

Digital marketing didefinisikan sebagai proses pemasaran atau promosi dari sebuah brand atau produk yang menggunakan media digital atau internet. Strategi pemasaran ini bertujuan untuk mempengaruhi serta menarik para konsumen dan calon konsumen dengan lebih cepat.

Contoh strategi pemasaran digital yang dikategorikan sebagai digital marketing yakni:

  • Promosi online menggunakan Google Ads, Facebook Afs, Tiktok Ads dan lain sebagainya
  • Melakukan optimasi SEO (Seacrh Engine Optomazation)
  • Email marketing
  • Mobile apps marketing
  • Key Opinion Leader (KOL)
  • Billboard Elektronik

Tugas Digital Marketing

Seperti yang sudah disinggung di atas, seorang digital marketer harus mampu menarik minat konsumen atau calon konsumen lewat konten iklan yang di unggah di kanal online.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, jumat, 16 September 2022, berikut tugas digital marketing dalam dunia pemasaran.

1. Membuat Konten Marketing yang Menarik

Seorang digital marketer harus bisa membuat konten marketing yang berkualitas dan menarik. Tujuannya, agar konsumen atau calon konsumen dapat mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam pemasaran di dunia digital, konten adalah kunci. Oleh sebab itu, konten harus dibuat sesuai dengan target pasar agar mendapatkan engagement yang tinggi.

2. Membangun Brand Awareness Lewat Media Sosial

Selain membuat konten marketing yang menarik, seorang digital marketer juga harus bisa menjangkau target pasar di platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan lain sebagainya.

Digital marketing memiliki peran untuk membangun brand awareness produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Melakukan Optimasi SEO

Saat ini, banyak perusahaan yang memiliki aset digital berupa website atau blog. Nah digital marketing harus bisa meningkatkan jumlah pengunjung website melalui search engine yaitu Google. Meningkatkan jumlah kunjungan di website bisa dilakukan dengan menerapkan optimasi SEO (Search Engine Optimazation).

Ilustrasi. (Pixabay). 

Optimasi SEO sangat penting dilakukan agar website bisa tampil di halaman pencarian teratas Google, sehingga berpeluang mendapatkan banyak calon customer dari visitornya.

Gaji Profesi Digital Marketing

Melalui penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui bahwa digital marketing memiliki peran yang cukup sentral dalam hal penjualan produk dan jasa di platform digital.

Lantas, berapa gaji seorang digital marketer? Menurut informasi yang ada dalam e-book Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 yang diterbitkan oleh Glints, berikut adalah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang Digital Marketing:

  • Digital Marketing Manager: IDR 12.000.000 - IDR 18.000.000
  • Digital Marketing Specialist: IDR 6.000.000 - IDR 10.000.000
  • Digital Marketing Staff: IDR 5.000.000 - IDR 8.000.000

Demikian seputar informasi tentang pengertian, tugas digital marketing beserta gajinya. Apakah Anda tertarik menjadi seorang digital marketer?