Menanti BTS Bawa Pulang Trofi Grammy Awards Pertamanya Melalui Dynamite

JAKARTA - Siapa penggemar K-pop yang tidak kenal BTS? Grup asuhan Big Hit Entertainment ini selalu meraih prestasi baru setiap tahun, dengan sejumlah rekor dan penghargaan di tingkat internasional.

Grammy, yang disebut sebagai penghargaan tertinggi di bidang musik, juga  tidak lepas dari jangkauan BTS. Hanya saja, mereka baru sebatas masuk nominasi.

Kali pertama BTS bersentuhan dengan penghargaan musik bergengsi ini terjadi pada tahun 2018. Saat itu, mereka diundang untuk berbicara di Grammy Museum di Los Angeles.

Grammy Museum adalah tempat interaktif dan museum yang berisi sejarah musik. Melalui penampilannya, BTS berbicara tentang kesuksesan serta keterlibatan penggemar dalam perjalanan karier musik mereka.

Berselang setahun, BTS menjadi salah satu pembaca nominasi sekaligus penampil di Grammy menyusul pencapaian album Love Yourself: Tear menempati nominasi Best Recording Package. Ini merupakan nominasi yang ditujukan untuk mengapresiasi visual album, bukan penghargaan dari sisi musik.

Penampilan Pertama BTS di Grammy Awards

>

“Bertumbuh di Korea Selatan, kami selalu bermimpi untuk berada di panggung Grammy. Terima kasih untuk penggemar kami yang mewujudkan mimpi ini dan kami akan segera kembali,” kata RM bersama anggota BTS lainnya sebelum membacakan nominasi.

Pada kesempatan tersebut, BTS menyanyikan Old Town Road versi remix bersama Lil Nas X. Pada versi studionya, lagu ini diberi judul Seoul Town Road di mana Lil Nas X menggandeng RM untuk berduet.  

Penampilan itu sangat diapresiasi penonton dan penggemar musik. Nama BTS dan Grammy langsung menempati urutan pertama trending  topic selama penayangan acara tersebut.

Namun di sisi lain, tidak sedikit ARMY (penggemar BTS) yang kecewa karena idolanya tidak mendapat nominasi di kategori musik. Padahal, penjualan album Love Yourself: Answer meraih lebih dari 2,8 juta keping dan melampaui penjualan album musisi lain. Bahkan, BTS menempati posisi kedua dalam daftar artis dengan penjualan album terbanyak setelah Drake.

Angka itu terus bertambah dan BTS sukses menjual 20,7 juta keping album untuk seluruh diskografi mereka dalam waktu beberapa tahun belakangan. Dengan total penjualan yang tinggi, BTS sepantasnya mengantongi satu atau dua nominasi.

Rasisme di Grammy Awards

Tidak masuknya BTS ke dalam nominasi kategori musik diduga menjadi bagian dari praktik diskriminasi yang kerap terjadi dalam Grammy Awards. Label boy group dan negara asal mereka disebut-sebut sebagai alasannya. Benar sekali, boygroup sangat jarang menerima nominasi Grammy Awards.

Penghargaan musik tertinggi ini dianggap eksklusif dan lebih memilih musisi Amerika Serikat dibandingkan dengan musisi dari negara lain. Ya, Grammy tidak pernah menunjukan transparansi dalam hal proses pemilihan musisi ke dalam nominasi.

Meski tidak pernah mengonfirmasi apapun, toh Grammy Awards memiliki hubungan baik dengan BTS. Bulan lalu, BTS kembali diundang ke Grammy Museum di mana kali ini mereka menyanyikan lagu Dynamite.

>

Dynamite menjadi lagu bahasa Inggris pertama BTS yang dirilis pada tahun ini. Lagu ini merupakan penyemangat BTS untuk para penggemar di tengah situasi sulit akibat pandemi COVID-19.

Dynamite mampu menerbangkan BTS ke posisi nomor satu di tangga lagu Billboard Hot 100. Tak sampai di situ. Berbekal materi berbahasa Inggris, BTS akhirnya menerima nominasi pertama mereka untuk kategori Best Pop/Duo Group Performance di Grammy Awards 2021. Dalam nominasi tersebut, BTS bersaing dengan Lady Gaga dan Ariana Grande, J Balvin dan Dua Lipa, Taylor Swift dan Bon Iver, serta Justin Bieber dan Quavo.

BTS menorehkan rekor sebagai grup Korea pertama yang meraih nominasi Grammy Awards. Rasanya, bukan tidak mungkin mereka juga akan membawa pulang trofi pertamanya di ajang penghargaan musik paling bergengsi ini. Acara Grammy Awards sendiri akan digelar di Staples Center, Los Angeles, California pada 1 Februari 2021.