Terekam Video Pukuli dan Benturkan Kepala Tersangka ke Trotoar, Petugas di Arkansas AS Diskors dan Jalani Penyelidikan

JAKARTA - Tiga petugas penegak hukum Arkansas, Amerika Serikat (AS) diskors, setelah sebuah video yang menunjukkan seorang tersangka dijepit ke tanah dan dipukuli berulang kali beredar.

Salah satu petugas berulang kali meninju kepala pria itu, bahkan membenturkan kepalanya ke trotoar. Petugas lain berulang kali menggunakan lutut menyerang pria itu. Keduanya mengenakan seragam Kantor Sheriff Crawford County.

Seorang petugas polisi menahan pria itu di tanah saat ini terjadi. Saat dia dipukuli, pria itu menutupi kepalanya dengan tangannya dan tampak berusaha menggulung menjadi bola untuk melindungi dirinya sendiri.

Video tersebut telah dilihat jutaan kali di media sosial dan memicu kemarahan.

Satu unggahan di Twitter digunakan menyinggung kasus George Floyd, pria kulit hitam yang terbunuh akibat tindakan 'kekerasan' polisi pada tahun 2020, memicu protes di seluruh dunia.

Seorang wanita yang tidak terlihat dalam video terdengar berkata: "Jangan pukul dia! Dia membutuhkan pertolongan," seperti melansir BBC 22 Agustus.

Seorang petugas menanggapi wanita itu dengan sumpah serapah, sementara yang lain memerintahkannya untuk masuk ke mobilnya.

Orang yang mengunggah video online mengatakan, saudara perempuannya menyaksikan pertengkaran di Kota Mulberry.

Polisi negara bagian mengidentifikasi pria yang ditangkap sebagai Randall Worcester (27). Worcester dituduh membuat ancaman di sebuah toko pada Minggu pagi.

Polisi mengatakan, ketika petugas menghadapinya, dia mendorong seorang deputi ke tanah dan meninju bagian belakang kepalanya, yang mengarah ke penangkapan yang terlihat dalam video.

Tersangka dibawa ke rumah sakit dan menghadapi ancaman teroris, menolak penangkapan dan tuduhan penyerangan lainnya, kata polisi.

Pada Minggu malam, Sheriff Crawford County Jimmy Damante mengatakan dua deputi county akan diskors. Sementara, polisi negara bagian Arkansas dan kantornya melakukan penyelidikan terpisah atas apa yang terjadi.

"Saya meminta pertanggungjawaban semua anggota saya atas tindakan mereka, dan akan mengambil tindakan yang tepat dalam masalah ini," tegas Damante.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Minggu malam, Kepala Polisi Mulberry Shannon Gregory mengatakan, petugas yang terlibat dalam insiden tersebut sedang cuti menunggu hasil penyelidikan.

"Kota Mulberry dan departemen kepolisian Mulberry menangani penyelidikan ini dengan sangat serius," tukas Gregory.

Terpisah, Gubernur Arkansas Asa Hutchinson mengatakan pada Minggu malam di Twitter bahwa "insiden di Crawford County akan diselidiki berdasarkan bukti video dan permintaan jaksa penuntut".