Bikin Bangga! Atlet Wushu Edgar Xavier Pertahankan Gelar Juara Dunia di AS

JAKARTA — Prestasi gemilang ditorehkan atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo. Ia mempertahankan gelar juara Changquan pada Kejuaraan Dunia Wushu (World Games) 2022.

Atlet 23 tahun itu mengumpulkan 9,53 poin saat tampil di Billbattle Colloseum Balltimore, Birmingham Southern Court, Alabama, Amerika Serikat, pada Selasa, 12 Juli malam.

Penampilan sempurna itu membuat Edgar mengalahkan atlet Korea Lee Ha-sung yang meraih medali perak dan atlet Ukraina Roman Reva yang membawa pulang perunggu.

Kemenangan ini membuat atlet kelahiran Jakarta itu mempertahankan medali emas yang diraihnya di Kejuaraan Dunia di Shanghai, China, pada 2019 lalu. Selain itu, keberhasilan ini menebus kegagalan Edgar mendapat medali emas di SEA Games 2021 Vietnam.

”Dia bukan hanya mempertahankan gelar juara tetapi mendapatkan kembali lagi pengakuan dunia atas capaian level permainannya,” kata Iwan Kwok selaku Manajer Tim Wushu Indonesia dalam keterangan resmi.

Indonesia juga memperoleh medali perak melalui Harris Horatius pada nomor gabungan Nanquan/Nangun putra. Peraih perak SEA Games Vietnam 2021 itu kalah dari atlet China Liu Zongxin yang mendapat emas dan mengungguli wakil Chinese Taipei Lai Po-Wei yang mendapat perunggu.

Sayangnya, keberhasilan itu tidak bisa disusul atlet putri Alisha Mellynar. Peraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam tersebut gagal merebut medali setelah menempati peringkat keempat pada nomor Taijijian.

Indonesia masih punya peluang menambah perolehan medali. Peluang itu ada pada Nandira Mauriskha yang akan turun di nomor Cangquan pada Rabu, 13 Juli waktu setempat.