Survei SMRC: Danny Pomanto Unggul, Appi-Rahman Menyusul

MAKASSAR - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan tingkat keterpilihan terhadap M Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) unggul dari pesaingnya di Pilkada Makassar. Menyusul Adama, ada pasangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

Dari rilis yang diterima, Rabu, 21 Oktober, dipaparkan Danny-Fatma memiliki tingkat elektabiltas 41,9 persen, sedangkan Appi-Rahman elektabilitasnya 17,8 persen. Di posisi ketiga ada pasangan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) dengan elektabilitas 16,6 persen. 

Sedangkan posisi buncit ditempati Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun (Imun) dengan elektabilitas 6,8 persen. Responden yang tiidak menjawab atau tidak tahu, sebanyak 16,9 persen.

Ada 410 responden dalam survei yang digelar pada 21-25 September. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error'l) survei diperkirakan plus minus 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Sebelumnya, Survei Celebes Research Center (CRC) juga menunjukkan tingkat dukungan terhadap M Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi unggul dari pesaingnya di Pilkada Makassar. Menyusul Danny Pomanto-Fatmawati, ada pasangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

Dari rilis survei yang diterima VOI, Senin, 12 Oktober, dipaparkan ada 1.000 responden yang disodori sejumlah pertanyaan dalam kuesioner yang dibagikan secara tatap muka. Sampling errornya +/- 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel responden berasal dari 15 kecamatan di Makassar yang terdistribusi secara proporsional pada survei 25 September-5 Oktober.

Responden disodori pertanyaan 'seandainya pemilihan langsung wali kota Makassar dilaksanakan pada hari ini siapa di antara pasangan berikut yang akan bapak/ibu pilih' dengan hasil:

1. Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi 40,4 persen

2. Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando 23,5 persen

3.Syamsu Rizal-Fadli Ananda 14 persen

4. Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun 6,5 persen

5. Tidak tahu/tidak jawab 15,6 persen

Dalam survei tergambar isu mengenai kondisi sosial yang menjadi perhatian masyarakat. CRC menunjukkan perhatian masyarakat terhadap sulitnya ekonomi (15,7 persen), susah mencari kerja (12,1 persen), banjir (10,7 persen), pengangguran (8 persen), harga kebutuhan pokok mahal (6,4 persen), sulitnya air bersih (6,1 persen). 

Sedangkan harapan warga Makassar terhadap program yang harus diprioritaskan pasangan calon kepala daerah Makassar yakni menciptakan lapangan kerja (42 persen), pengentasan kemiskinan (13,1 persen), mengendalikan harga kebutuhan pokok (9,9 persen), penanganan dampak banjir (6,4 persen) dan pembangunan infrastruktur 5,3 persen.