Ini Kunci Syabda Perkasa Antar Indonesia Menang Dramatis atas Korea di Thomas Cup 2022

JAKARTA – Pebulu tangkis Syabda Perkasa Belawa mengungkap rahasia yang membuatnya membawa Indonesia lolos ke perempat final sebagai juara grup Thomas Cup 2022.

Syabda memperoleh kemenangan tiga set 21-14, 11-21, 21-16 atas Lee Yun Gyu pada Rabu, 11 Mei petang WIB. Pencapaian itu membuat Indonesia unggul tipis 3-2 sekaligus mempertahankan posisi teratas di Grup A.

"Saat tertinggal 6-11 pada gim ketiga, saya hanya berpikir, seandainya kalah ya sudah kalah. Tetapi saya bertekad saya tidak mau menyerah begitu saja di tengah lapangan. Saya terus berusaha saja," kata Syabda dalam keterangan tertulis.

Saat bertanding, pebulu tangkis peringkat ke-636 dunia itu mendapat dukungan penuh dari rekan-rekannya di pinggir lapangan

Mereka adalah senior seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan, dan Mohammad Ahsan. Dukungan itulah rupanya memainkan peran penting saat Syabda dalam posisi tertinggal di set ketiga.

"Apalagi, senior-senior sekaligus idola-idola saya, terus mendukung saya dari pinggir lapangan. Dukungannya luar biasa. Mereka mendukung penuh saya. Saya jadi tidak mau menyerah," kata Syabda.

"[Mereka] berteriak dari pinggir lapangan mendukung saya, saya pun terus fight. Saya tidak mikir apa-apa, pokoknya berjuang terus dan tidak ragu-ragu seperti gim kedua yang membuat saya kalah," ia melanjutkan.

Kemenangan Syabda membuat Indonesia menyapu bersih semua pertandingan di babak grup. Sebelumnya, Hendra dan kawan-kawan telah menang atas Thailand dan Singapura.

"Senang dan bersyukur saya bisa menang dan bisa menyumbangkan angka penentu kemenangan Indonesia atas Korea 3-2. Pertandingan tadi ada tegang dan ada pressure, karena saya tampil pertama kali di ajang besar seperti Piala Thomas dan tampil di partai penentuan lagi," kata Syabda.

Tim Thomas datang sebagai juara bertahan di ajang beregu putra paling bergengsi ini. Untuk itu, mereka ditargetkan bisa mempertahankan gelar yang direbut tahun lalu setelah mengalahkan China.

FOTO/PBSI