Gebuk Korea, Indonesia Lolos ke Perempat Final Thomas Cup 2022 sebagai Juara Grup
Shesar Hiren Rhustavito (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia sukses lolos ke perempat final Thomas Cup 2022 sebagai juara grup. Kepastian itu setelah mengalahkan Korea 3-2 di laga terakhir.

Laga Indonesia dan Korea berjalan di Court 1 Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada Rabu 11 Mei siang WIB. Kemenangan atas Korea membuat Skuad Merah Putih menyapu bersih laga Grup A.

Anthony Sinisuka Ginting yang turun di pertandingan perdana tidak bisa menyumbang angka bagi Indonesia. Atlet peringkat kelima dunia itu menyerah rubber game 16-21, 21-15, 14-22 dari Heo Kwanghee.

Ini artinya Anthony belum menghasilkan satu poin pun untuk Indonesia selama babak penyisihan grup. Ia tercatat menelan kekalahan tiga kali beruntun setelah sebelumnya ditekuk Loh Kean Yew (Singapura) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand).

Di laga melawan Korea ini, tim pelatih memutuskan membuat perubahan di ganda putra dan tunggal putra. Mereka memutuskan mengistirahatkan Hendra Setiawan, Bagas Maulana, dan Jonatan Christie.

Perubahan itu membuat Mohammad Ahsan yang biasa bermain dengan Hendra dipasangkan bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo. Sayangnya, rotasi ini tidak berhasil menyumbang angka bagi skuad Garuda

Kevin/Ahsan yang diturunkan sebagai ganda pertama di pertandingan kedua harus menelan kekalahan. Mereka menyerah tiga set 18-21, 21-13, dan 12-21 saat bertemu dengan Kang Minhyuk/Seo Seung Jae.

Indonesia bangkit di laga ketiga setelah tertinggal 2-0 dari Korea. Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 setelah mengalahkan Jeon Hyeok Jin dengan skor, 19-21, 21-8, 21-10

Ini adalah kemenangan ketiga beruntun Shesar sepanjang babak penyisihan grup. Tunggal putra peringkat keempat dunia itu sebelumnya menang atas wakil Singapura Jia Wei Joel Koh dan mengalahkan tunggal putra Thailand Sitthikom Thammasin

Angka untuk Indonesia juga dihasilkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka sukses menggebuk Yong Jin/Na Sung Seun straight set untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Kemenangan Indonesia lalu ditentukan di tunggal putra ketiga Syabda Perkasa Belawa. Ia mengamankan poin terakhir untuk Indonesia setelah mengalahkan Yun Gyu Lee.