Perhatikan, Bug di Google Messages Bisa Sebabkan Baterai Ponsel Terkuras Secara Berlebihan

JAKARTA - Google Message dilaporkan memiliki bug yang dapat menguras baterai ponsel pengguna dengan cepat. Bug ini berasal dari fitur yang berjalan dan menguras daya di latar belakang.

Aplikasi Google Message sendiri diketahui memungkinkan pengguna mengambil foto langsung dari aplikasi dan melampirkannya ke pesan obrolan dengan mudah.

Dalam tampilan untuk melampirkan gambar dari galeri, ada juga tab dari kamera untuk mengambil gambar langsung dari tampilan thumbnail itu atau pengguna dapat memperluasnya untuk tampilan yang lebih baik.

Namun dilaporkan 9to5Google, bahwa bug di aplikasi Google Messages di ponsel Android membuat kamera berjalan di latar belakang, yang menyebabkan baterai terkuras secara berlebihan dan membuat ponsel panas.

Hal itu bisa terjadi saat pengguna membuka kamera langsung dari aplikasi dan menggunakannya untuk mengirim foto, lalu aplikasi terus menggunakan layanan kamera di latar belakang bahkan saat pengguna tidak membuka Google Message.

Masalah ini diduga datang dari pembaruan terbaru untuk Google Message yang meluncur belum lama ini, tetapi tampaknya tidak memengaruhi semua ponsel dan tidak terjadi setiap saat. Tidak jelas apa yang menyebabkan bug ini terjadi.

Manajer komunikasi Google Scott Westover, mengatakan perusahaan telah mengidentifikasi masalah tersebut dan perbaikan sedang dilakukan.

Jika Google Message Anda mengalami hal serupa, perlu dicatat, hingga pembaruan tersedia di ponsel Anda, mungkin disarankan untuk membuka pengaturan ponsel Anda dan melarang Google Messages menggunakan layanan kamera lebih dahulu. Demikian dikutip dari The Verge dan Neowin, Sabtu, 23 April.