IHSG Hari Ini Bakal Menguat, Kinerja Positif Emiten Jadi Katalis

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada perdagangan hari ini, Kamis 21 April setelah kemarin ditutup pada posisi 7.227,36 atau naik 0,39 persen.

IHSG kemarin sempat mencatatkan posisi tertinggi pada level 7.262,55. Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menjelaskan, IHSG ditutup menguat setelah berfluktuasi sepanjang hari seiring dengan penguatan bursa saham AS yang rebound merespons kinerja emiten yang positif.

Dari dalam negeri juga didorong pembagian dividen. Pelemahan ini seiring dengan pelemahan bursa saham AS yang tertekan akibat ekspektasi kenaikan suku bunga.

Dennies memprediksi IHSG akan menguat pada perdagangan hari ini. Secara teknikal candlestick membentuk doji dengan stochastic yang menyempit mengindikasikan tren pelemahan mulai terbatas dan ada potensi untuk rebound.

"Pergerakan dari dalam negeri masih akan didorong rilis kinerja emiten dan pembagian dividen. Investor juga akan mencermati beberapa data ekonomi yang akan dirilis," ujar Dennies dalam risetnya.

Lebih lanjut Dennies memperkirakan IHSG akan bergerak pada level support 7.146 dan 7.186 serta resistensi 7.264 dan 7.302. Adapun beberapa saham yang menjadi rekomendasi Dennies untuk perdagangan besok adalah PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Medco Energy Tbk (MEDC), dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS).