Saat 3 Kosmonot Rusia Tiba di ISS dengan Seragam Warna Khas Ukraina

JAKARTA - Bisa banyak persepsi yang didapat dari sikap tiga kosmonot Rusia ini saat tiba di Stasiun Luar Angkasa. Tapi faktanya, baju yang dikenakan mereka pilih dengan warna yang bernuasa sangat Ukraina.

Seragam standar Rusia sejatinya berwarna biru polos. Dan satu dari tiga pria ini terlihat mengenakan warna biru itu sebelum lepas landas dari fasilitas milik Rusia di Kazakhstan.

Namun apa yang terjadi ketika mereka tiba di ISS dan bertemu dengan kru Amerika, Rusia, dan Jerman? Ketiganya, Denis Matveyev, Oleg Artemyev dan Sergey Korsakov sudah berganti warna.

Ketika dua set palka dibuka, mereka tersenyum melayang ke dalam stasiun luar angkasa satu per satu mengenakan pakaian luar angkasa berwarna kuning cerah, seperti dilihat dari BBC, Sabtu 19 Maret.

ISS sendiri merupakan proyek bersama antara Rusia, Amerika, Kanada, Jepang dan beberapa negara Eropa. ISS dipimpin oleh kemitraan AS-Rusia yang telah berlangsung selama dua dekade meskipun hubungan kedua negara begitu naik turun.

"Kami telah mengumpulkan banyak bahan kuning sehingga kami perlu menggunakannya," canda Oleg Artemyev dalam konferensi pers.

"Itulah mengapa kami harus memakai warna kuning," sambung dia lagi.

Apakah ini bentuk sikap mereka menentang Vladimir Putin? Tak ada yang tahu.