Bikin Iri, Kepolisian Dubai Bakal Diperkuat Mobil Patroli Pintar Senilai Rp700 Miliar

JAKARTA - Kepolisian Dubai kembali membuat gebrakan yang bisa membuat iri polisi negara lain, seiring dengan penambahan mobil patroli pintar senilai ratusan miliar rupiah.

Jika tidak ada aral melintang, Kepolisian Dubai akan menambahkan 400 mobil patroli pintar ke dalam armada mereka, menurut Kepala Polisi Emirat pada Hari Rabu lalu.

Pengadaan kendaraan patroli pintar Ghiath, demikian nama mobil tersebut, berlangsung hingga lima tahun kedepan, dengan nilai total mencapai 196 juta dirham atau sekitar Rp765.445.023.588.

Diproduksi oleh pembuat mobil Emirat W Motors, Ghiath adalah salah satu mobil pertama yang sepenuhnya diproduksi di UEA. Model baru ini akan dibangun di kantor pusat W Motors di Dubai Silicon Oasis.

Dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru, nantinya kendaraan patroli pintar ini akan terhubung dengan ruang kendali operasi Kepolisian Dubai.

Kepala Polisi Dubai Letnan Jenderal Abdullah Al Marri mengatakan, W Motors bersama perusahaan keamanan publik dan keamanan nasional Safe City Group, menyumbang hampir 100 juta dirham untuk pengembangan proyek Ghiath.

Mobil patroli pintar Kepolisian Dubai Ghiath. (Sumber: Kepolisian Dubai)

Itu masih ditambah sekitar 170 juta dirham untuk mendirikan pabrik dan jalur produksi di Dubai Silicon Oasis, yang diperkirakan akan dibuka pada akhir tahun ini.

"Kami dan W Motors memiliki visi bersama yang berkisar pada menjaga perkembangan terbaru di bidang mobilitas. Kami berharap dapat menggunakannya untuk memastikan tingkat keamanan publik tertinggi di Dubai," terang Letnan Jenderal Al Marri, melansir The National News 16 Maret.

Lebih jauh Kepala Kepolisian Dubai mengatakan, ada rencana untuk memperluas armada untuk memasukkan kendaraan tak berawak, kendaraan intervensi cepat, kendaraan penyelamat, kendaraan listrik dan sepeda.

Untuk diketahui, pengumuman itu dibuat di World Police Summit yang diadakan di Pusat Pameran Dubai di Expo 2020 Dubai.

Mobil patroli pintar Kepolisian Dubai Ghiath. (Sumber: Kepolisian Dubai)

Sebelum pengadaan ini, Kepolisian Dubai pada November lalu mengumumkan penambahan koleksi supercar mewah jajaran armada mobil patrolinya, dengan penambahan sepasang sedan mewah Audi supercharged.

Bukan sembarang Audi, sebab armada baru yang bergabung merupakan Audi R8 Coupe V10 RWD, menggabungkan gaya dengan tenaga yang luar biasa, menampung mesin V10, 5,2 liter yang menghasilkan 540 tenaga kuda.

Mobil beroktan tinggi ini memiliki kecepatan tertinggi 320 kilometer per jam dan dapat mencapai 100 kilometer per jam. hanya dalam 3,7 detik.

Dengan penambahan dua Audi R8 coupe ini, Kepolisian Dubai sekarang memiliki 33 supercar, termasuk Ferrari, Aston Martin Vantage, Bugatti Veyron, serta beberapa Porsche, Bentley, dan McLaren.

"Polisi Dubai selalu tertarik untuk mempromosikan keselamatan dan keamanan Emirat, dan mempertahankan posisinya sebagai salah satu tujuan teraman di dunia," terang Brigadir Jamal Salem Al Jallaf, direktur Departemen Investigasi Kriminal Umum Polisi Dubai ketika itu.