Kendaraan Patroli Otonom untuk Permukiman Ini Dibekali Kecerdasan Buatan dan Kamera 360
Kendaraan patroli otonom polisi Dubai Twitter @DubaiPoliceHQ 2

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab bakal memiliki armada patroli keamanan otonom untuk lingkungan perumahan, dilengkapi dengan beragam teknologi canggih.

Kendaraan patroli keamanan otonom ini diluncurkan Kepolisian Dubai di sela-sela gelaran Gulf Information Technology Exhibition (GITEX) Global 2023 yang berlangsung pada 16-20 Oktober 2023 di Dubai World Trade Centre.

Baterai kendaraan ini bertahan hingga 15 jam dan mampu mencapai kecepatan 5 hingga 7 kilometer per jam, kata Letnan Rashid bin Haidar dari Departemen Umum Urusan Administrasi Kepolisian Dubai yang memberikan penjelasan kepada pengunjung pameran, dikutip dari situs Kepolisian Dubai 17 Oktober.

Dirancang khusus untuk wilayah permukiman, tujuan utama kendaraan patroli otonom ini adalah untuk meningkatkan keamanan, dengan dibekali beragam fitur canggih.

Pertama, fitur kamera canggih dengan kemampuan menangkap gambar 360 derajat. Berikutnya, dengan teknologi pintar dan kecerdasan buatan, kendaraan patroli otonom ini memiliki kemampuan mendeteksi perilaku kriminal, mengenali wajah hingga membaca pelat nomor mobil.

Selain itu, kendaraan patroli otonom ini juga dilengkapi dengan teknologi komunikasi langsung, yang memungkinkannya terhubung secara real-time dengan Pusat Komando dan Kontrol di Departemen Operasi Umum Kepolisian Dubai.

Letnan Rashid menambahkan, kendaraan patroli ini juga dapat dilengkapi dengan drone.

"Drone ini dapat mengakses area yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan dan mempertahankan komunikasi nirkabel langsung dengan patroli setelah diluncurkan," tandasnya.

Kendati demikian, pihak Kepolisian Dubai belum mengumumkan kapan pihaknya akan mulai mengoperasionalkan kendaraan patroli otonom tersebut.