Bagikan:

JAKARTA - Pembuat mobil mewah Jaguar Land Rover (JLR) mengumumkan pada Selasa 21 Februari bahwa mereka akan membuka tiga pusat teknologi baru di Eropa untuk mengembangkan teknologi kendaraan otonom sebagai bagian dari kemitraan mereka dengan perusahaan kecerdasan buatan Silicon Valley, Nvidia.

Pusat-pusat teknologi di Munich, Bologna, dan Madrid akan mengembangkan sistem kendaraan otonom untuk generasi berikutnya dari kendaraan mewah JLR. JLR sendiri sudah memiliki enam pusat teknologi global di Amerika Serikat, China, dan Eropa.

JLR, unit dari Tata Motors  India, mengatakan lokasi tersebut dipilih karena ketersediaan spesialis teknik digital lokal dan akan menciptakan hampir 100 pekerjaan teknik yang difokuskan "pada pengembangan sistem bantuan pengemudi dan kecerdasan buatan untuk mobil otonom di masa depan."

Dikutip dari Reuters, JLR dan Nvidia mengumumkan kesepakatan multi-tahun pada tahun lalu di mana mereka akan bersama-sama mengembangkan otak dan sistem saraf komputer untuk Jaguar dan Land Rover yang akan diluncurkan pada tahun 2025 dan seterusnya.

Kemitraan dengan Nvidia memberikan JLR sekutu yang didanai dengan baik saat mereka mencoba mengejar Tesla Inc  dan pesaing mobil mewah lainnya dalam perlombaan teknologi digital.