KedaiSayur Milik Konglomerat TP Rachmat Ajak BCA Biayai Pengembangan Usaha Produk Hasil Tani

JAKARTA – Jaringan bisnis konglomerat Theodore Permadi Rachmat melalui Triputra Group PT Kedai Sayur Indonesia, mengikat perjanjian kerja sama dengan bank milik konglomerat Hartono bersaudara PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA. Keduanya sepakat untuk memfasilitasi pengembangan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sektor pertanian.

KedaiSayur sebagai perusahaan grosir berbasis teknologi di bawah Triputra Group milik akan mengoptimalkan peran sebagai digital supply chain management produk pertanian dengan menjadi penjamin pembelian atau penyalur (offtaker) hasil pertanian dari para petani lokal. Di dalamnya membawa mitra petani dan peternak KedaiSayur ke dalam ecosystem digital dan mengambil manfaat dari berkembangnya teknologi terkini.

Dalam mewujudkan peran tersebut, KedaiSayur menggandeng BCA sebagai pemberi fasilitas kredit dan membantu UMKM petani yang tergabung dalam digital ecosystem ini.

CEO PT Kedai Sayur Indonesia Adrian Hernanto mengungkapkan, melalui kerja sama ini akan banyak petani yang terbantu dari sisi pendanaan serta adanya jaminan penyaluran hasil produksi mereka melalui KedaiSayur.

“Dengan posisi kami sebagai offtaker guarantee produk hasil tani dari para petani lokal, akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak baik para petani maupun pihak BCA sebagai pemberi pinjaman. Dalam hal ini, pihak BCA akan lebih yakin dengan adanya pesanan dari KedaiSayur, sementara para petani juga merasa aman karena adanya jaminan kepastian beli dan harga jual hasil produk mereka,” ungkap Adrian dalam keterangannya, Selasa 1 Maret.

Kolaborasi KedaiSayur dan BCA akan dijalankan dengan skema penyerapan seluruh hasil mitra petani dan peternak untuk langsung didistribusikan melalui seluruh omnichannel KedaiSayur. Pada tahap pertama, sebagai pilot project kerja sama ini akan dilaksanakan di kota Tulungagung, Kediri dan Blitar.

“Harapannya untuk ke depan proyek tersebut akan diperluas memasuki daerah Jawa Timur, serta memasuki skala nasional,” kata Adrian menambahkan.

Dalam kerja sama ini, BCA akan berperan sebagai cash management dan membiayai modal kerja (Kredit KUR dan SME) para petani serta memberikan kemudahan dalam onboarding. Lebih lanjut Adrian menjelaskan, salah satu komitmen KedaiSayur yaitu memberikan kemudahan dan membantu lebih banyak petani di seluruh Indonesia.