Kraken Umumkan Kripto LINK, BAT, dan OMG Sudah Tersedia untuk Pengguna di Jepang

JAKARTA – Salah satu exchange kripto terbesar, Kraken mengumumkan pihaknya sudah menghadirkan kripto Chainlink (LINK), OMG (OMG), dan Basic Attention Token (BAT). Pengumuman tersebut disampaikan Kraken melalui postingan blog pada 12 Januari 2022.

Informasi menyusul setelah satu bulan lalu bos Kraken Jesse Powell mengunjungi Tokyo untuk membantu memulihkan bursa Mt. Gox yang hampir runtuh akibat peristiwa peretasan yang dialami platform sejak 2011 silam.

Kemudian pada tahun 2014, Mt. Gox sempat mengajukan pailit setelah peretas mencuri dana senilai 460 juta dolar AS sebulan sebelumnya. Di tahun yang sama, Kraken mengisi kekosongan bursa kripto di Jepang yang sebelumnya didominasi Mt. Gox.

Pada April 2018, Kraken menangguhkan layanannya di jepang setelah kasus pencurian Coinchek senilai 500 juta dolar AS. Ini menyebabkan pengawasan yang lebih ketat dari pemerintah terhadap platform tersebut.

Di tahun 2020, Kraken membuka kembali layanannya di negeri Sakura yang memungkinkan penduduk Jepang untuk meperdagangkan lima cryptocurrency yakni Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), Ripple (XRP), dan terakhir Bitcoin Cash (BCH).

Menyusul pada bulan Agustus 2021, Badan Layanan Keuangan (FSA) Jepang membentuk panel ahli keuangan untuk mengembangkan kerangka peraturan yang lebih ketat untuk industri kripto yang diharapkan bisa selesai digodok pada akhir tahun ini. Selain itu, FSA juga bermaksud memeperkenalkan pembatasan baru untuk stablecoin sebagaimana dilansir dari U.Today.

Dengan listing-nya LINK, BAT, dan OMG, Kraken cabang Jepang juga mengumumkan bahwa konsumen sudah “bisa melakukan deposit dan withdraw mulai hari ini”, pada Rabu 12 Januari 2022.