Take-Two Interactive Beli Zynga Rp 162 Triliun, Akuisisi Terbesar dalam Industri Gim Dunia
JAKARTA - Pembuat video game "Grand Theft Auto", Take-Two Interactive menyatakan pada Senin, 10 Januari, bahwa mereka akan membeli Zynga seharga 11,04 miliar dolar AS (Rp162 triliun) dalam kesepakatan tunai dan saham yang akan menambahkan judul ponsel populer seperti "FarmVille" di bawah payungnya sebagai lonjakan permintaan untuk game saat musim liburan.
Kesepakatan itu, disebut yang terbesar yang pernah ada di sektor gim selama ini, akan menciptakan pembangkit tenaga gim dengan kapitalisasi pasar hampir 30 miliar dolar AS, yang mencakup konsol, PC, dan perangkat seluler pada saat ini di mana lebih banyak orang bermain gim di ponsel mereka.
Take-Two, juga dikenal dengan game petualangan "Red Dead Redemption", menawarkan 3,50 tunai dolar AS dan 6,361 dolar AS saham untuk setiap saham Zynga, dengan premi 64% dari harga penutupan terakhir. Termasuk utang, akuisisi tersebut bernilai 12,7 miliar dolar AS.
"Ini adalah kesepakatan yang mengejutkan ... Zynga berada dalam daftar transaksi M&A potensial untuk waktu yang lama dalam bisnis video game," kata Serkan Toto, CEO perusahaan konsultan videogame Kantan Games, yang dikutip oleh Reuters.
"Take-Two melihat peta industri dan mengatakan 'pada dasarnya kami tidak memiliki apa-apa di sini.' Jadi, banyak orang telah mengharapkan Take-Two untuk membuat kesepakatan besar di ponsel untuk menutup kesenjangan dengan pesaing seperti Electronic Arts, misalnya," tambah Toto.
Saham Zynga melonjak 45% pada Senin lalu, tetapi masih satu dolar dan berubah dari harga penawaran, sementara Take-Two turun sekitar 15%.
Kesepakatan itu diharapkan selesai pada paruh pertama tahun ini. Ada juga periode go-shop selama 45 hari, yang berarti Zynga dapat bernegosiasi dengan pembeli lain untuk penawaran yang lebih baik hingga 24 Februari.
Kedua perusahaan telah mengadakan pembicaraan terus-menerus pada tahun lalu, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.
Putaran terakhir negosiasi datang akhir tahun lalu, saat Zynga kehilangan lebih dari sepertiga dari nilai pasarnya, penurunan terbesar di antara penerbit gim besar saat itu. Zynga telah terhuyung-huyung dari penurunan tingkat keterlibatan dan langkah Apple untuk memungkinkan pengguna iPhone memilih untuk tidak dilacak oleh pengiklan.
"Ini adalah label harga yang besar untuk sebuah perusahaan yang tidak secara konsisten menghasilkan keuntungan atau blockbuster baru," kata Erik Gordon, profesor di Ross School of Business, University of Michigan.
Baca juga:
- Astronom Temukan Planet Baru di Zona Bintang Katai Merah, Layak Huni?
- Ilmuwan Temukan Laba-laba, Tawon Serta Ikan Purba di Australia
- Mengenal Fitur-Fitur WhatsApp Aero, Dari Sembunyikan Pesan Sampai Emoji yang Beragam
- Cara Menyembunyikan Pratinjau Pesan WhatsApp di iOS Supaya Tidak Mudah Dilihat Orang Lain
Tetapi dengan pasar gim seluler yang tumbuh sangat pesat, kemungkinan akan mencapai ukuran 116,4 miliar dolar AS pada tahun 2024, menurut perusahaan data Newzoo, beberapa analis mengatakan lebih banyak kesepakatan yang diharapkan muncul di sektor ini.
"Tren ini tidak akan berhenti sampai di sini. Banyak developer konsol yang menyadari bahwa membuat game mobile itu sulit," kata D.A. Analis Davidson, Franco Granda.
Crypto dan metaverse adalah peluang pertumbuhan potensial, tetapi game seluler terbukti berhasil, katanya.
Take-Two mengharapkan penghematan biaya tahunan sekitar 100 juta dolar AS dalam dua tahun pertama, dan lebih dari 500 juta dolar AS dalam pemesanan bersih seiring waktu ketika kesepakatan ditutup pada pertengahan 2022.