Komunitas Perdagangan Mobil di Inggris, Perkirakan Kelangkaan Chip Akan Berlanjut Hingga 2023 Harga Mobil Bakal Melangit

JAKARTA - Kekurangan chip semikonduktor global akan terus mengganggu penjualan mobil Inggris sepanjang tahun ini  hingga 2023. Ini telah menyebabkan adanya penurunan serius dalam pasokan kendaraan pada 2021.

Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) di Inggris, Kamis, 6 Januari, mengatakan sekitar satu dari enam mobil baru yang dijual di Inggris pada tahun 2021 adalah baterai listrik (BEV) atau plug-in hybrid (PHEV) dan pendaftaran mobil baru secara keseluruhan naik sekitar 1 persen menjadi 1,65 juta unit dari sebelumnya 1,63 juta pada tahun 2020.

"Bukan tahun yang hebat, datang di balik tahun yang sama buruknya," kata kepala eksekutif SMMT Mike Hawes, merujuk pada dampak kekurangan chip pada penjualan yang menghambat pemulihan pascapandemi, seperti dikutip Reuters.

Kekurangan chip, yang digunakan dalam segala hal mulai dari sensor rem hingga power steering hingga sistem hiburan, telah menyebabkan pembuat mobil di seluruh dunia untuk memotong atau menangguhkan produksi mereka. Hal ini  mendorong harga kendaraan baru dan bekas di tengah permintaan yang kuat dari konsumen.

Hawes mengatakan rata-rata kendaraan membutuhkan antara 1.500 dan 3.000 chip semikonduktor.

"Kami pikir permintaan masih ada dan permintaan masih kuat," kata Hawes. Dia menambahkan bahwa pandangan umum adalah bahwa kekurangan chip akan merusak pasar selama 2022 dan ini akan "mengalir hingga 2023".

Sebelum lonjakan coronavirus terbaru, SMMT telah memperkirakan penjualan mobil Inggris sebesar 1,96 juta unit pada tahun 2022, di bawah tingkat pengoperasian normal sekitar 2,3 juta unit.

SMMT mengatakan BEV listrik sepenuhnya menyumbang 11,6% dari penjualan pada tahun 2021 - lebih dari penjualan kumulatif untuk 2016 hingga 2020. Pada bulan Desember, BEV menghasilkan sekitar seperempat dari penjualan mobil Inggris.

PHEV, yang memiliki baterai dan mesin pembakaran, menyumbang 8,9% dari penjualan pada tahun 2021.

Pemerintah Inggris merencanakan larangan efektif pada model bahan bakar fosil murni pada tahun 2030. Tetapi SMMT mengatakan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan untuk menurunkan harga kendaraan listrik dan untuk meningkatkan infrastruktur pengisian daya, terutama untuk pengisian daya di jalan.

Di seluruh Eropa dan Amerika, menyediakan akses pengisian daya bagi orang-orang yang memarkir mobil mereka di jalan merupakan tantangan besar.  

“Biaya mobil dan masalah pengisian adalah  hambatan terbesar bagi orang-orang yang mempertimbangkan jenis pembelian ini," kata Hawes. "Kami tidak berada di tempat yang seharusnya."