Erick Thohir: Pembalap World Superbike 2021 Kagumi Keindahan Sirkuit Mandalika

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyaksikan langsung pembukaan ajang balapan motor prestisius Wold Superbike (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit (Sirkuit Mandalika), Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut dia, para pembalap yang hadir mengagumi keindahan sirkuit pertama di Indonesia tersebut.

"Seluruh pembalap kagum dengan indahnya sirkuit. Pembalap Ducati asal Italia Michael Ruben Rinaldi bahkan menyampaikan langsung apresiasinya kepada Presiden RI Jokowi," tulis Erick, dikutip dari akun Instagram pribadinya @erickthohir, Minggu, 21 November.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN mendukung terselenggaranya event-event olahraga internasional yang berlangsung di Mandalika. Melalui penyelenggaraan balapan WSBK dan event-event balapan internasional lainnya diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung kembali ke tempat-tempat wisata di Indonesia, khususnya di wilayah Pulau Lombok.

Penyelenggaraan event tersebut tak terlepas dari peran BUMN. Pembangunan Pertamina Mandalika International Circuit dan penyelenggaraan WSBK merupakan hasil kerja bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder lainnya, termasuk sinergi antar BUMN antara lain ITDC, Aviata, PTPP, Pertamina, Himbara, dan BUMN-BUMN lainnya.

KEK Mandalika sebagai lokasi penyelenggaraan WSBK 2021 termasuk dalam lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang dikelola oleh PT ITDC.

Sementara itu, venue yang digunakan, yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan wujud Sinergi antara Pertamina dengan ITDC yang dituliskan dalam Perjanjian Kerja Sama kedua BUMN pada Oktober 2021 lalu.

KEK Mandalika dikembangkan dengan konsep Sport Tourism, yaitu destinasi pariwisata yang memiliki kelengkapan fasilitas pendukung, lanskap, serta potensi alam yang sesuai untuk menggelar berbagai jenis kegiatan olahraga dan entertainment/hiburan yang dipadukan dengan kegiatan wisata.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Arya Sinulingga mengatakan bahwa sirkuit Pertamina Mandalika perlu dioptimalkan secara maksimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dan perlu bersama-sama dijaga agar terus memberikan manfaat untuk kemajuan ekonomi dan menjadi bagian dari kebanggaan bangsa Indonesia.

"Pertamina Mandalika International Circuit ini telah menjadi kebanggaan baru masyarakat dan bangsa Indonesia sebagai sirkuit tempat diselenggarakannya event balap internasional," kata Arya, dalam keterangan tertulis, Jumat 19 November.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan ajang WSBK akan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Lombok khususnya dan Indonesia umumnya, serta trigger bagi kebangkitan pariwisata Indonesia.

"Merupakan kebanggaan bagi kami dapat menjamu laga penutup musim World Superbike 2021 di kawasan kami

dan khususnya di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang telah dinyatakan lulus homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Dengan antusiasme dan dukungan dari penonton dan seluruh pihak, kami yakin akan mampu menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan event balap motor internasional," ujarnya.

Ke depan, ia berharap akan semakin banyak event sejenis yang akan digelar di KEK Mandalika sehingga dapat mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia pasca-pandemi.