Sedang memuat podcast...

Ilustrasi tentara (Chuanchai Pundej/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Konflik perbatasan India dan China tidak hanya sekali terjadi. Konflik perbatasan ini bahkan sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu. Kali ini, konflik antar kedua negara ini terjadi di Lembah Galwan pada Senin, 15 Juni lalu.

Bentrokan yang terjadi minggu lalu ini diyakini paling mematikan dibanding seluruh bentrokan yang terjadi antara India dan China selama kurang lebih 5 dekade terakhir. Bentrokan ini menyebabkan 20 tentara dari India termasuk perwira militer India - Kolonel B Santosh Babu tewas, sedangkan tentara dari China sampai saat ini tidak diketahui jumlah korbannya. Kabar yang beredar, ada 40 tentara China yang tewas akibat bentrokan itu, tapi Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan bahwa itu adalah berita palsu.  

Saling tuduh pemicu kejadian mewarnai perseteruan ini. Melansir dari Reuters, Perdana Menteri Modi mengatakan bahwa China yang melanggar garis perbatasan dengan mencoba membangun fasilitas tepat di seberang LAC (Line of Actual Control). Pihak China juga dikatakan menolak permintaan India untuk berhenti melakukan pembangunan tersebut.

Saling lempar tuduhan ini berakhir pada Senin, 22 Juni kemarin dengan diadakannya perundingan yang berlangsung selama 11 jam di kawasan LAC. Dalam sebuah dokumentasi yang disiarkan China Global Television Network (CGTN), Zhao mengatakan kedua pihak sepakat untuk bekerja menuju perdamaian dan ketenangan.

Pada perundingan tersebut, mereka membahas kembali kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tingkat komandan milter pertama yakni tanggal 6 Juni lalu. Mereka bertukar pandangan secara jujur dan mendalam soal kontrol perbatasan ini dan setuju untuk mengambil langkah-langkah relevan untuk meredakan ketegangan. Diskusi ini pun akan berlanjut, namun rinciannya tidak diinformasikan oleh kedua belah pihak.

Konflik perbatasan India dan China sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Dilansir dari South China Morning Post, sejarah panjang perebutan wilayah ini sudah terjadi sejak tahun 1914, saat Inggris masih memerintah India. Setelah itu, beberapa tahun berikutnya hingga sekarang pun masih terjadi beberapa kali bentrokan akibat konflik perbatasan.

Siniar VOI kali ini akan membahas kronologi konflik perbatasan India dan China yang terjadi sekarang, serta sejarah panjang konflik perbatasan India dan China. Silakan tekan tombol dengarkan dan kami akan bercerita untuk Anda.