Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Joshua Sortino/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan data hingga dikenal sebagai big data memang sudah tidak dapat dihindari. Fungsi data yang dulunya hanya sebagai pelaporan ataupun analisis prediksi, kini bisa tumbuh menjadi bisnis yang menghasilkan uang, pemilihan kebijakan, strategi pemasaran, dan banyak hal lagi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut Wikipediabig data adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka. Dari pengertian tersebut, kesiapan Indonesia menghadapi perkembangan ini patut dipertanyakan.

Selasa, 18 Agustus lalu kami berbincang dengan Fajar Jaman yang telah bekerja di bidang data sejak 10 tahun yang lalu. Ia dikenal sebagai founder Data Science Indonesia dan CEO IYKRA. Bersama Fajar kami berbincang tentang perkembangan big data, kesiapan Indonesia menghadapi perkembangan big data, bagaimana negara lain melihat big data, regulasi data pribadi di berbagai negara, dan RUU Pelindungan Data Pribadi yang sedang dikerjakan oleh pemerintahan Indonesia.

Fajar Jaman
Fajar Jaman, CEO IYKRA dan Founder Data Science Indonesia

Siniar VOI kali ini akan membahas salah satu hasil perbincangan tim VOI dengan Fajar Jaman, yaitu tentang perkembangan data sehingga menjadi dikenal sebagai big data dan kesiapan Indonesia dengan perkembangan ini. Silakan tekan tombol dengarkan dan kami akan bercerita untuk Anda. Nantikan juga perbincangan kami selanjutnya bersama Fajar Jaman di siniar VOI berikutnya.