Sedang memuat podcast...

Siniar bersama Fajar Jaman, CEO IYKRA dan founder Data Science Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - 16 Agustus 2019, lewat pidato kenegaraan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pentingnya mewujudkan kedaulatan data. Segala macam regulasi dan hak warga negara atas data pribadinya pun menjadi poin penting dalam pidato tersebut. Namun, mudahkan mewujudkan kedaulatan data seperti yang sudah disampaikan Jokowi?

Untuk menjawab itu, kami berbincang dengan Fajar Jaman. Ia adalah praktisi yang telah bekerja di bidang data sejak 10 tahun lalu. Tak hanya itu, ia juga melakukan mentoring untuk mewujudkan SDM yang mampu bekerja di bidang data lewat IYKRA. Pemahaman Fajar Jaman di bidang data kami tangkap dalam rentetan Siniar VOI yang sudah kami mulai sejak 20 Agustus lalu.'

Fajar Jaman membagi pengetahuannya tentang bagaimana cara mewujudkan kedaulatan data. Ia juga pernah menyampaikan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, dukungan berupa infrastruktur, regulasi, dan SDM sangat diperlukan. 

Siniar VOI kali ini membahas salah satu hasil perbincangan tim VOI dengan Fajar Jaman tentang pentingnya negara mewujudkan kedaulatan data di era digital. Silakan tekan tombol dengarkan dan kami akan bercerita untuk Anda.