Radiohead Cuti Setahun Demi Proyek Solo Para Personelnya
Radiohead (Instagram @radiohead)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar kurang menyenangkan buat para penggemar Radiohead muncul secara tak terduga. Drumer Philip Selway mengatakan, Radiohead bakal cuti bermusik sepanjang tahun ini.

Dalam sebuah pernyataan yang pertama kali dikeluarkan melalui NME, Selway mengatakan, Radiohead kemungkinan mengambil waktu satu tahun untuk vakum dari proyek grup demi mengembangkan proyek masing-masing member. Meskipun menyatakan hanya membutuhkan satu tahun, nyatanya mereka masih memerlukan diskusi ketika ditanyakan apakah Radiohead akan kembali pada tahun 2021.

“Selalu ada percakapan yang berjalan, tetapi kami selalu mendapat proyek lain yang sedang berjalan,” ujar Selway. Ia juga mengaku, keputusan ini membuat para personel Radiohead saling berjauhan. Tetapi sang drumer menegaskan mereka akan berusaha bersatu kembali.

Radiohead terakhir kali merilis album A Moon Shaped Pool pada tahun 2016. Album ke sembilan ini berisi beberapa trek yang sebelumnya pernah dirilis di mana sebagiannya lagi merupakan produksi baru seperti Identikit dan Ful Stop. Album ini menerima kritik positif dari berbagai media dan kritikus musik. Will Hermes dari Rolling Stone menyebut dalam tulisannya, album ini adalah album paling musikal dan emosional yang dimiliki Radiohead.

Sebelumnya, Radiohead mengunggah seluruh album mereka di kanal YouTube resmi band. Mereka juga meluncurkan Radiohead Public Library yang merupakan ‘museum’ pribadi Radiohead yang berisi dokumenter penampilan, album, merchandise, serta beberapa tulisan eksklusif.

Sejak perilisan album kesembilan, para member Radiohead memang lebih banyak berfokus pada proyek solo. Di tahun 2019, vokalis Thom Yorke merilis album solo berjudul ANIMA berbarengan dengan sebuah film pendek di Netflix. Ia juga terlibat dalam soundtrack film Motherless Brooklyn.

Sementara itu, gitaris Jonny Greenwood juga berpartisipasi dalam konser Horror Vacui sebagai pemain biola. Ed O’Brien baru saja bergabung dengan sebuah RSPB Let Nature Sing yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran akan penurunan kehidupan burung di Inggris. Adapun Selway, saat ini sedang mempersiapkan album solo ketiganya.

Kesibukan masing-masing member membuat Radiohead memutuskan untuk beristirahat sejenak dari karier sebagai grup. Jadi, untuk para penggemar Radiohead sepertinya harus bersabar setidaknya satu tahun untuk mendengar proyek baru mereka lagi.