Seri Pertunjukan <i>Streaming</i> Radiohead Dimulai dari Dublin
Thom Yorke (Instagram/@radiohead)

Bagikan:

JAKARTA - Sekali lagi, Radiohead jadi penyelamat. Ketika berdiam di rumah benar-benar mulai membosankan, kelompok genius dari Inggris ini merilis kabar menyenangkan. Arsip pertunjukan mereka di Dublin, Irlandia rilis di YouTube dinihari tadi, Jumat, 10 April. Dan ini hanya awal. Di setiap pekan ke depan, Radiohead akan merilis satu per satu arsip penampilan mereka yang lain.

"Sekarang kalian tidak punya pilihan. Apa kalian menyukai malam yang tenang? Kami persembahkan video pertama dari beberapa video pertunjukan yang akan kami rilis setiap pekan di kanal YouTube kami," tulis Radiohead dalam unggahan Twitter.

Video Live From a Tent In Dublin adalah pertunjukan yang digelar di Puncheston Racecourse di Dublin, Irlandia. Konser ini dilakukan pada 8 Oktober 2000. Sebuah pembuka yang menggugah. Radiohead memang sudah cukup lama tak menggelar konser.

Terakhir, mereka menutup tur untuk album "A Moon Shaped Pool" pada Agustus 2018. Sejak itu, para personel fokus berkarya dalam proyek individual. Beberapa bulan lalu, sang vokalis, Thom Yorke merilis album solo ketiganya, "Anima".

Sementara, gitaris band, Ed O'Brien (EOB) baru saja merilis lagu tunggalnya yang berjudul Clock of the Night kemarin malam, Kamis, 9 April. Di lagu tersebut, EOB menampilkan sesama musisi Inggris lain, Laura Marling untuk mengisi vokal.

Lagu ini jadi karya lanjutan yang dirilis EOB setelah pekan lalu ia merilis lagu tunggal berjudul Olympik. Dua materi yang memicu antusiasme para penggemar yang memang tengah menantikan album "Earth", debut solo EOB.

Selain perkara album debut, EOB memang tengah jadi sorotan penggemar. Beberapa waktu lalu, ia mengumumkan gejala infeksi virus corona yang ia alami. Saat itu, EOB menyatakan segera melakukan karantina mandiri.

Perpustakaan Radiohead

Seri pertunjukan streaming ini seakan jadi jawaban dari pertanyaan para penggemar tentang "apa yang kira-kira akan dibuat Thom, Phil, Ed, Jonny dan Colin untuk merespons pandemi ini?"

"Kami akan merilis satu per pekan sampai batas dari situasi saat ini mereda, atau kami kehabisan pertunjukan," tulis Radiohead dalam buletin penggemarnya.

Arsip dalam seri pertunjukan streaming ini adalah bagian dari koleksi Radiohead Public Library, sebuah "perpustakaan daring" berisi kumpulan arsip Radiohead. Arsip ini dibagi berdasar diskografi album yang telah mereka rilis.

Para penggemar dapat mengakses Radiohead Public Library melalui situs resmi mereka, radiohead.com. Di sana, penggemar dapat menemukan seluruh diskografi yang memuat banyak hal, mulai dari klip video, pertunjukan live, visual artwork, merchandise, hingga newsletter yang mereka buat, w.a.s.t.e.

Di Perpustakaan Radiohead, para penggemar juga bisa membuat kartu keanggotaan digital yang dapat diunduh secara gratis. Sejak mengumumkan pembukaan Radiohead Public Library, Radiohead terus melakukan kurasi terhadap arsip, yang hasilnya telah mereka lempar ke akun-akun media sosial resmi.

Beberapa hasil kurasi arsip menampilkan rilisan langka seperti EP perdana mereka, "Drill EP". Selain itu, ada juga lagu tunggal I Want None of This yang merupakan bagian dari album kompilasi "Help! A Day in the Life". Berbagai rilisan itu kini telah bisa didengarkan di berbagai layanan streaming musik.