Bagikan:

JAKARTA - Coldplay dengan tur dunianya yang bertajuk Music of the Spheres World Tour menjadi tur rock paling laris yang pernah tercatat.

Menurut Billboard Boxscope, tur dunia band asal Inggris itu meraup $945,7 juta (Rp14,8 triliun) dan menjual 8,8 juta tiket sejak dimulai pada Maret 2022.

Catatan Chris Martin cs itu melampaui rekor yang sebelumnya dipegang Elton John dengan tur 'Farewell Yellow Brick Road. Dengan 328 pertunjukan yang dilakukan dari 8 September 2018 hingga 8 Juli 2023, tur tersebut meraup $939 juta (Rp14,7 triliun).

Saat itu, Elton John melampaui rekor The Divide Tour dari Ed Sheeran pada akhir tahun 2019, yang menghasilkan $776,4 juta (Rp12,1 triliun)

Sebelumnya, Ed Sheeran mengalahkan rekor dari The 360 Tour milik U2.

Namun begitu, sisa pertunjukan Music of the Spheres World Tour diprediksi tidak akan melampaui rekor Eras Tour milik Taylor Swift.

Adapun, Swift membuat sejarah pada Desember 2023, ketika tur dunianya menjadi yang pertama dalam meraup pendapatan kotor $1 miliar (Rp15,1 triliun).

Coldplay dalam Music of the Spheres World Tour (Instagram @coldplay)
Coldplay dalam Music of the Spheres World Tour (Instagram @coldplay)

Music of the Spheres World Tour sendiri dipuji karena dianggap telah menetapkan standar baru. Dengan pendekatan konser musik yang sadar lingkungan, serangkaian inisiatif berkelanjutan telah diperkenalkan.

Setelah menyelesaikan pertunjukan di Munich, Coldplay akan melanjutkan tur dunia di lima titik lagi, yaitu Wina, Dublin, Melbourne, Sydney, dan Auckland.