Radiohead Siapkan Perayaan Album <i>Kid A</i> dan <i>Amnesiac</i>
Radiohead (Instagram @radiohead)

Bagikan:

JAKARTA - Radiohead sedang menyusun rencana untuk merayakan 20 tahun perilisan album Kid A dan Amnesiac. Kabar ini dilontarkan gitaris Radiohead, Ed O’Brien kepada NME pada Rabu, 15 April.

Ketika ditanya mengenai aktivitas para anggota Radiohead saat ini, O'Brien mengatakan mereka masih fokus dengan karier solo masing-masing. Tetapi tentunya, mereka tidak lupa dengan urusan band dengan memanfaatkan fasilitas video call sebagai cara berkomunikasi.

“Kami melakukan pertemuan secara online - kami menggunakan Zoom. Kami berbicara tentang banyak hal, tetapi semuanya sedang memiliki kesibukan sendiri,” kata Brien.

Adanya pandemi COVID-19 atau virus corona membuat beberapa rencana menjadi terhambat. Tetapi lebih dari itu, Radiohead juga memikirkan apa yang bisa dilakukan di tengah wabah ini. 

“Bagaimana bisa Anda merasa senang soal album yang dirilis 20 tahun lalu? Saya tidak bisa. Saya bersyukur atas momen tersebut dan tahu (album) itu sangat berarti bagi banyak orang, tetapi itu sudah terjadi cukup lama,” ujar O'Brien ketika ditanya soal perayaan album Radiohead.

Kid A dan Amnesiac merupakan album ke empat dan kelima yang Radiohead lepas pada 2000 dan 2001. Kid A yang berisi percampuran jazz dan beat dinobatkan sebagai album terbaik versi Rolling Stone. Radiohead juga berhasil menembus tangga lagu Amerika karena album ini sekaligus membuat mereka  menjadi band Inggris pertama yang meraih pencapaian ini setelah Spice Girls.

Lanjut O'Brien, Radiohead sangat fleksibel mengenai kegiatan band sehingga mereka akan kembali bermusik bersama jika merasa ingin melakukannya. Jadi tidak ada paksaan atau tekanan untuk bermain musik apalagi merilis album.

Perayaan album Radiohead memang menjadi salah satu hal yang selalu dinanti penggemar. Pada 2017, OK Computer dirilis ulang sebagai perayaan 20 tahun album tersebut. Bagi Radiohead, melayani penggemar bukan sekadar merayakan perilisan album. Ada banyak amunisi yang mereka miliki untuk terus menyenangkan para simpatisannya.

Belakangan, Radiohead beberapa kali mengunggah materi-materi lama mereka di internet. Setelah merilis seluruh isi album di kanal YouTube, band asal Inggris ini meluncurkan Public Library, sebuah situs di mana seluruh materinya berupa tulisan, dokumenter, buah tangan, dan penampilan panggung yang bisa diakses secara gratis lewat radiohead.com

Yang terbaru dari Radiohead, sebuah video arsip penampilan mereka dirilis secara eksklusif lewat kanal YouTube selama sepekan ke depan sejak 10 April kemarin.