Ini Cara Menyembunyikan Profil Anda di Facebook, Privasi Pengguna Makin Meningkat
Profil pengguna Facebook bisa disembunyikan. (foto: dok. undplash)

Bagikan:

JAKARTA -  Facebook memungkinkan pengguna untuk membatasi siapa saja yang dapat mencari mereka menggunakan alamat email atau nomor telepon mereka di platform media sosial tersebut. Pengguna juga dapat mencegah profil Facebook mereka diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya untuk menghindari orang acak mengakses informasi mereka melalui pencarian online.

Sementara privasi selalu menjadi area perhatian yang signifikan dengan Facebook, yang mengubah beberapa pengaturan dapat mengurangi beberapa masalah privasi di platform.

Pengaturan privasi Facebook dapat dikontrol baik dari aplikasi atau situs web, yang memungkinkan pengguna memiliki kontrol yang lebih terperinci atas siapa yang dapat mengakses informasi profil mereka.

Namun, perusahaan saat ini tidak menawarkan cara untuk mencegah profil pengguna muncul di hasil pencariannya sendiri ketika dicari berdasarkan nama pengguna. Jadi, jika seseorang di Facebook mencari pengguna tertentu berdasarkan namanya, informasi profil orang tersebut akan tetap tercantum di depan dan di tengah.

Namun, metode yang dijelaskan di bawah ini akan mempersulit pengguna lain untuk mengaitkan ID email atau nomor telepon tertentu dengan pengguna.

Untuk mengakses kontrol privasi Facebook, buka aplikasi dan ketuk menu hamburger (tiga garis paralel) di sudut kanan atas di Android atau kanan bawah di iOS. Selanjutnya, pilih 'Pengaturan dan Privasi' lalu buka 'Pengaturan'.

Sekarang gulir ke bawah ke bagian 'Audiens dan Visibilitas' dan ketuk 'Bagaimana Orang Menemukan dan Menghubungi Anda.' Pengguna sekarang akan disajikan dengan beberapa opsi untuk membatasi orang lain mencari mereka menggunakan alamat email atau nomor telepon mereka.

Untuk melakukannya, ketuk 'Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan alamat email yang Anda berikan' dan pilih 'Hanya Saya' untuk privasi maksimum. Selanjutnya, lakukan hal yang sama untuk 'Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan nomor telepon yang Anda berikan.'

Dalam kedua kasus tersebut, pengguna juga dapat memilih 'Teman' daripada 'Hanya Saya' jika mereka setuju dengan teman Facebook mereka mengetahui ID email atau nomor telepon mereka. Dua opsi lainnya adalah 'Friends of Friends' dan 'Everyone', keduanya tidak direkomendasikan untuk pengguna yang sadar akan privasi.

Cara Menyembunyikan Profil Facebook Anda Dari Orang Asing

Pengguna juga dapat mencegah profil Facebook mereka diindeks oleh mesin pencari pihak ketiga, seperti Google, Bing, atau Yahoo. Untuk itu, buka 'Apakah Anda ingin mesin telusur di luar Facebook menautkan ke profil Anda?' lalu pilih 'Tidak'.

Sementara dua preferensi sebelumnya akan segera diterapkan, pengaturan ketiga mungkin memerlukan beberapa waktu sebelum berlaku. Menurut Facebook, profil pengguna mungkin masih dapat dicari secara online untuk jangka waktu tertentu setelah pengaturan diaktifkan.

Pengaturan privasi juga dapat dikontrol dari situs web Facebook. Untuk melakukan itu, pertama-tama masuk ke situs melalui browser web. Sekarang klik panah bawah di sudut kanan atas beranda Facebook, pilih 'Pengaturan & Privasi', lalu tekan 'Pengaturan' pada menu tarik-turun.

Pada halaman berikutnya, klik 'Privasi' di bilah sisi kiri dan kemudian temukan tiga opsi privasi yang disebutkan di atas di panel kanan. Terakhir, klik tombol 'Edit' di sebelah setiap opsi dan buat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan privasi di platform.