Ini Cara Menghapus Nomor Ponsel Anda dari Daftar Nama di Aplikasi Trucaller
Truecaller menyediakan fitur menghapus nomor ponsel kita dalam daftarnya. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Truecaller adalah salah satu aplikasi ID penelepon crowdsourced paling populer di dunia. Akan tetapi pengguna dapat dengan mudah membatalkan atau menghapus nomor mereka dari database perusahaan yang dapat dicari dalam daftar untuk meningkatkan privasi mereka.

Seperti perangkat lunak ID penelepon lainnya, Truecaller juga memudahkan untuk memblokir panggilan spam dan mengidentifikasi penelepon yang tidak aktif, tetapi kenyamanan tentu ada harganya.

Sementara non-pengguna mendapatkan nomor mereka terdaftar di database Truecaller tanpa sepengetahuan mereka, pengguna memiliki nomor IMSI (International Mobile Subscriber Identity) unik di ponsel mereka yang diunggah ke database perusahaan, yang justru menciptakan risiko privasi.

Untungnya, Truecaller menawarkan jalan keluar dari ini, yang memungkinkan pengguna untuk menghapus nomor mereka dari database perusahaan yang dapat dicari. Sementara pengguna harus terlebih dahulu menonaktifkan akun Truecaller mereka untuk menghapus nomor mereka, non-pengguna dapat meminta perusahaan secara langsung tanpa menonaktifkan apa pun.

Perusahaan umumnya mematuhi permintaan penghapusan kecuali nomor tersebut sudah ditandai sebagai 'spam', dalam hal ini nomor tersebut tidak dihapus dari database yang dapat dicari.

Seperti yang dijelaskan oleh Truecaller, menghapus nomor dari database perusahaan yang dapat dicari adalah proses dua langkah untuk orang yang menggunakan aplikasi ini. Non-pengguna dapat melewati langkah pertama dan langsung ke langkah kedua.

Untuk pengguna, langkah pertama adalah menonaktifkan akun Truecaller mereka di telepon. Untuk melakukannya, buka aplikasi dan ketuk menu hamburger (tiga garis kecil) di sudut kiri atas layar. Di iOS, pengguna harus mengetuk avatar profil mereka alih-alih menu hamburger.

Kemudian pada panel geser, pilih 'Pengaturan'. Kemudian buka 'Pusat Privasi' dan tekan 'Nonaktifkan' di layar berikutnya. Terakhir, konfirmasikan tindakan untuk menonaktifkan akun Truecaller untuk nomor tersebut.

Gunakan Alias ​​​​Untuk Meningkatkan Privasi

Setelah aplikasi dinonaktifkan, pengguna harus membuka halaman 'Truecaller Unlist' di situs web Trucaller untuk meminta penghapusan nomor mereka. Jadi navigasikan ke halaman itu, masukkan nomor telepon dengan kode negara yang benar, selesaikan captcha, dan klik tombol 'Tidak Ada Daftar Nomor Telepon'.

Terakhir, konfirmasikan permintaan penghapusan dengan mengklik 'Unlist' pada menu popup. Truecaller akan menampilkan pesan yang mengatakan bahwa nomor tersebut akan dihapus dari database perusahaan yang dapat dicari dalam waktu 24 jam.

Menghapus nomor dari database Truecaller yang dapat dicari tidak akan mencegah perusahaan menunjukkan informasi pribadi pengguna tersebut kepada orang lain saat mereka melakukan panggilan. Sebaliknya, nomor tersebut hanya akan dihapus dari 'basis data yang dapat dicari' perusahaan, yang akan mencegah orang lain mendapatkan informasi tentang pengguna tersebut hanya dengan mencari nomor mereka di aplikasi Truecaller.

Pengguna yang ingin menyembunyikan identitas mereka saat menelepon pengguna Truecaller lainnya dapat secara manual memasukkan informasi mereka sendiri di aplikasi. Pengguna dapat memilih alias apa pun sebagai ganti nama asli mereka untuk memastikan bahwa orang yang menerima panggilan mereka akan melihat nama yang dibuat-buat itu.

 Untuk mengubah nama secara manual di Truecaller, ketuk menu hamburger di Android atau avatar profil di iOS. Kemudian tekan tombol 'edit' (ikon pensil) di sebelah nama pengguna pada panel geser, dan di halaman berikutnya, ketikkan alias atau nama palsu yang akan muncul di layar untuk orang lain selama panggilan masuk.

Pastikan untuk mengosongkan bidang lain, termasuk email, tanggal lahir, jenis kelamin, dll. Terakhir, tekan tombol 'Simpan' di bagian bawah. Truecaller menyatakan mungkin perlu "hingga 24-48 jam" untuk menerapkan perubahan tersebut.