Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah aplikasi di ponsel atau komputer membutuhkan registrasi atau login dari pengguna. Banyak pengguna ponsel yang menggunakan akun Google untuk mengakses aplikasi. Dengan aktivitas ini, tidak sedikit aplikasi di dalam hp yang terhubung dengan akun Google.

Google memungkinkan pengguna memakai akunnya untuk masuk atau mengakses aplikasi di ponsel dan laptop atau komputer. Jadi pemilik akun Google bisa menautkan akunnya di beberapa aplikasi maupun layanan pihak ketiga yang digunakan.

Adanya fitur ini sangat membantu para pengguna ponsel karena tidak perlu repot-repot membuat akun baru. Bayangkan jika Anda harus mendaftar dan membuat profil ulang untuk mengakses sebuah aplikasi. Tentu hal ini sangat melelahkan, terlebih jika Anda menggunkana banyak aplikasi di ponsel. 

Namun tidak sedikit pengguna ponsel yang lupa apa saja aplikasi yang dihubungkan dengan akunnya. Ada beberapa cara melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google. Jadi nggak perlu bingung, Anda masih bisa melihat kembali daftar akun yang ditautkan dengan akun Google Anda. 

Cara Melihat Aplikasi yang Terhubung dengan Akun Google

Sangat penting untuk mengetahui aplikasi atau situs mana saja yang dihubungkan ke akun Google. Langkah ini sangat dibutuhkan ketika Anda ingin mengakses aplikasi atau situs tertentu tapi lupa email dan kata sandinya. 

Selain itu, dengan mengetahui daftar aplikasi yang terhubung dengan Google maka Anda juga bisa mencegah potensi kejahatan digital. Terapkan beberapa cara melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google. 

Melalui Laman Web

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan mengetahui apa saja aplikasi yang terhubung dengan akun Google adalah melalui situs web. Ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Silakan membuka myaccount.google.com 
  2. Kemudian login menggunakan akun Google Anda
  3. Lanjut pilih menu "Keamanan" di sebelah kiri halaman 
  4. Gulir halaman ke bawah sampai menemukan bagian menu "Koneksi Anda ke aplikasi & layanan pihak ketiga" 
  5. Lalu klik "Lihat semua koneksi". 

Setelah itu, halaman akan menampilkan semua aplikasi dan situs yang terhubung dengan akun Google dan Anda gunakan untuk masuk atau mengaksesnya. Apabila ingin menghapus atau berhenti menautkannnya, kamu tinggal klik nama aplikasi atau situs yang tersebut dan klik bagian “Hapus semua koneksi Anda dengan ...".

Melalui Ponsel Android

Pengguna hp Android juga bisa mengecek mana saja aplikasi yang terhubung dengan akun Google lewat dari ponselnya. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan membuka Google di ponsel Anda
  2. Lanjut pilih akun Google yang ingin dilihat 
  3. Lalu klik menu "Kelola akun Google Anda: 
  4. Selanjutnya pilih menu "Keamanan" 
  5. Gulir halaman ke bawah dan pilih "Koneksi Anda ke aplikasi & layanan pihak ketiga" 
  6. Kemudian pilih "Lihat semua koneksi". 

Seperti cara sebelumnya, halaman bakal memperlihatkan daftar aplikasi dan situs yang ditautkan ke akun Google Anda. Apabila ingin mengakhiri penggunaan akun Google di aplikasi tersebut, Anda perlu mengklik nama aplikasi atau situsnya dan pilih opsi "Hapus semua koneksi Anda dengan ...".

BACA JUGA:


Melalui Ponsel iPhone

Pengguna iPhone juga dapat melihat apa saja aplikasi yang terhubung dengan Google, cukup melalui ponselnya. Terapkan langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan membuka aplikasi Gmail di iPhone Anda
  2. Apabila belum ada Gmail, silakan unduh dulu di AppStore dan instal di ponsel Anda. 
  3. Kemudian masuk ke akun Gmail 
  4. Lanjut klik ikon Gmail di sebelah pojok kanan atas 
  5. Pilih "Manage your Google Account" 
  6. Lalu klik menu "Security" atau keamanan 
  7. Gulir halaman ke bawah sampai menemukan "Your connections to third-party apps & services" 
  8. Kemudian klik "See all connections" 

Halaman akan menunjukkan daftar aplikasi dan situs yang terhubung ke akun Google Anda. Jika ingin memutus aksesnya, Anda hanya perlu memilih nama aplikasi dan klik "Delete all connections you have with ...".

Demikianlah beberapa cara melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google Anda. Mengetahui mana saja aplikasi atau situs yang ditautkan ke akun Google sangat penting untuk memudahkan akses dan menghindari risiko-risiko kejahatan digital yang bisa menyerang Anda. Baca juga Google akan luncurkan tiga fitur Gemini terbaru di Gmail

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.