Adobe Pamerkan Fitur Baru Camera Raw yang Bakal Dibawa ke iPad
Fitur Camera Raw adalah plugin lama yang memungkinkan pengeditan gambar RAW dalam Photoshop. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Adobe berencana membawa fitur Camera Raw ke Photoshop versi iPad. Pratinjau itu diungkap manajer produk senior untuk Photoshop di iPad, Ryan Dumlao sebelum acara MAX Adobe beberapa minggu lagi.

Dalam video berdurasi pendek, Dumalo menunjukkan cara kerja fitur tersebut. Ia menunjukkan bagaimana Camera Raw dapat digunakan untuk mengedit foto RAW dan DNG yang langsung diimpor dari kamera.

Pengguna bisa menggunakan kamera Fujifilm atau ProRAW dari iPhone 12 Pro dan iPhone 13 Pro. Karena file RAW tidak dikompresi atau diproses seperti format file lainnya, pengguna akan memiliki kendali penuh atas produk akhir.

Dihimpun dari The Verge, Rabu, 13 Oktober, fitur Camera Raw adalah plugin lama yang memungkinkan pengeditan gambar RAW tingkat lanjut dalam Photoshop, dan ini juga merupakan dasar teknis mesin pemrosesan Lightroom.

Dumlao juga memperlihatkan bagaimana pengguna dapat mengedit berbagai pengaturan dan parameter eksposur dalam Photoshop, termasuk mengimpor file RAW sebagai objek pintar untuk pengeditan non-destruktif yang dapat dibawa ke versi desktop.

Dalam demo-nya, Dumlao menggunakan fitur Photoshop untuk melakukan tugas-tugas seperti menghapus cabang pohon dengan Apple Pencil dan menyesuaikan warna tali tertentu di fotonya. Memilihnya dengan mudah dan tidak membutuhkan banyak ketelitian. Menghapus cabang hanya menghapusnya di lapisan baru, sehingga dapat ditambahkan kembali atau disesuaikan lagi nanti.

Melihat bahwa tali di fotonya terlalu oranye, Dumlao memilihnya dan mengoreksi warnanya tanpa mengubah oranye terang dari gerbang torii gaya Jepang itu sendiri. Pengguna dapat menyesuaikan saturasi warna tertentu, mengubah eksposur, menambah tekstur, dan banyak lagi.

Kini banyak fotografer menggunakan Lightroom sebagai alat pengeditan utama mereka, menambahkan Camera Raw ke Photoshop untuk iPad akan memperluas kemampuan pengeditan foto bagi pemilik iPad yang menggunakan Photoshop sebagai bagian besar dari alur kerja mereka. Adobe belum mengumumkan secara pasti kapan fitur tersebut akan dirilis secara global, mereka hanya mengatakan bahwa fitur ini akan segera hadir.