Adobe Bawa Banyak Fitur serta Kemampuan Baru untuk Premiere Pro, Frame.io, dan After Effects
Adobe mengungkapkan beberapa pembaruan yang datang ke After Effects, Frame.io, dan Premiere Pro tahun ini. (foto: dok. adobe)

Bagikan:

JAKARTA - Adobe pada gelaran Nation Association of Broadcasters (NAB) Show 2023 mengungkapkan beberapa pembaruan yang datang ke After Effects, Frame.io, dan Premiere Pro tahun ini.

Perusahaan menambahan fitur pengeditan video berbasis teks ke Premiere Pro dan perluasan platform kolaborasi video berbasis cloud Frame.io untuk menyertakan foto dan PDF. Sementara, After Effects menghadirkan panel untuk membuat desain gerak lebih cepat.

Fitur pengeditan Berbasis Teks di Premiere Pro mengubah alur kerja kasar dan membuka cara baru untuk bekerja cepat dengan video. Didukung oleh Adobe Sensei, Pengeditan Berbasis Teks tersebut dibekali Kecerdasan Buatan (AI) terbaru untuk menyalin media sumber secara otomatis.

Alih-alih menonton rekaman berjam-jam hanya untuk menemukan potongan suara yang tepat, sekarang pengguna dapat membaca sekilas transkrip, mencari kata kunci, dan menambahkannya ke Timeline untuk diedit.

Premiere Pro menghasilkan transkrip untuk urutan saat pengguna membuatnya. Jadi, setelah pengguna memiliki beberapa klip di Timeline, mereka dapat menyalin dan menempelkan frasa di transkrip urutan dan melihat hasil edit di Timeline secara otomatis berubah untuk mencocokkannya.

Pengeditan Berbasis Teks seperti memiliki potongan kertas dari transkrip. Dan, saat pengeditan selesai, Pengeditan Berbasis Teks akan memberi pengguna transkrip siap pakai yang dapat digunakan untuk membuat teks dengan cepat.

Adobe menyelesaikan akuisisi Frame.io pada 2021, dan sejak saat itu, Adobe bekerja untuk meningkatkan platform kolaborasi video bagi penggunanya. Frame.io kini memiliki fitur baru yang disebut Forensic Watermarking.

Forensic Watermarking adalah tanda air tak terlihat, tidak terdeteksi oleh mata manusia yang disematkan dalam video. Tanda ini dapat bertahan dari penyalinan file, perekaman layar, atau bahkan perekaman eksternal dari kamera dan perangkat seluler.

Bahkan, tanda air itu dapat dibuat dalam hitungan detik dan diterapkan ke klip sesingkat 30 detik. Dengan begitu, karya pengguna akan selalu ditandai sebagai milik mereka, bahkan jika seseorang mencurinya dan memasarkannya sebagai milik mereka.

Ketika seseorang menggunakan karya mereka, pengguna dapat menghubungi perwakilan dukungan Frame.io, yang kemudian dapat mengekstrak tanda air tak terlihat dari video (jika ada) dan mendapatkan informasi tentang siapa yang berhak atas rekaman tersebut.

Selain itu, Frame.io juga dapat membuat foto dan PDF. Pembaruan itu dirancang untuk meningkatkan kolaborasi jarak jauh lintas departemen, menarik lebih banyak profesional kreatif dan bisnis dengan memperkenalkan alur kerja end-to-end baru untuk menangkap, mengedit, meninjau, serta menyetujui konten melalui satu hub terpusat.

Pengguna Frame.io bisa berbagi dan meninjau materi tertulis seperti skrip atau siaran pers bersama aset video atau fotografi terkait secara real time saat proyek berkembang. Seperti dukungan video Frame.io yang sudah ada, file dan foto PDF (termasuk anotasi) dapat diakses dan diedit di iPhone, iPad, dan web.

Berkat inegrasi Frame.io Camera ke Cloud yang baru, fotografer dapat langsung mentransfer file RAW, JPEG, dan HEIF dari kamera mereka ke platform cloud tempat gambar dapat ditinjau oleh editor, mengurangi kebutuhan untuk mentransfer file secara fisik dari memori kartu dan hard drive.

Dimodelkan pada panel serupa di Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop, panel Properties baru di After Effects membuat desain gerak lebih cepat. Alih-alih menelusuri lapisan untuk melakukan penyesuaian, kontrol disajikan kepada pengguna secara kontekstual, tepat di samping jendela komposisi.

Panel Properti juga berfungsi dengan Properti Esensial, menghemat lebih banyak waktu saat pengguna perlu membuat beberapa versi dari jenis grafik yang sama.

After Effects sekarang juga menawarkan dukungan asli untuk ACES dan OpenColorIO. ACES adalah standar pertukaran warna dengan gamut warna yang sangat luas, untuk rentang yang lebih dinamis dan detail gambar yang lebih kaya.

Dan jika pengguna bekerja dengan artis atau fasilitas lain, manajemen warna ACES dan OpenColorIO memudahkan untuk memastikan warna yang konsisten saat menyerahkan aset.

Perlu dicatat, pengeditan Berbasis Teks, fitur baru Frame.io, dan After Effects saat ini masih dalam versi beta tetapi diperkirakan akan dikirimkan pada Mei, seperti dikutip dari laman Adobe, Jumat, 14 April.