Adobe Rilis Fitur AI Generatif Firefly, Kreator Bisa Hasilkan Gambar Hanya dari Teks
Adobe (Foto: Dok. Adobe)

Bagikan:

JAKARTA - Adobe baru saja meluncurkan alat Kecerdasan Buatan (AI) yang disebut Firefly dalam pengujian beta, pengguna dapat mengetik perintah untuk mengubah gambar dengan cepat.

Firefly terdiri dari kumpulan alat AI generatif, salah satunya dapat membuat gambar berdasarkan perintah teks, dengan ratusan gaya yang dapat mengubah hasil.

Lainnya, alat itu bisa menerapkan gaya berbasis perintah pada teks, membiarkan orang membuat huruf yang terlihat berbulu, bersisik, berlumut, atau apa pun yang mereka inginkan.

Selain itu, Firefly juga dapat secara otomatis mengubah foto atau gambar yang sedang dikerjakan konten kreator dengan menggunakan AI generatif untuk membuat kuas berdasarkan sesuatu yang sudah ada dalam gambar.

Seperti penggemar AI lainnya, Adobe melihat teknologi itu sebagai alat digital terbaru untuk memperkuat apa yang dapat dilakukan manusia. Namun, dengan AI yang menunjukkan kecerdasan baru dalam hal menerjemahkan dokumen, menafsirkan kode pajak, membuat musik, dan membuat rencana perjalanan, wajar jika para profesional merasa ketakutan.

"Misalnya, Firefly pada akhirnya memungkinkan orang menggunakan alat Adobe untuk menyesuaikan desain dengan individu, bukan hanya membuat satu desain untuk khalayak luas," kata wakil presiden pekerjaan AI generatif Adobe, Alexandru Costin, seperti dikutip dari CNET, Kamis, 23 Maret.

"Menurut kami, AI tidak akan menggantikan kreator kreatif. Kreator yang menggunakan AI akan lebih kompetitif daripada kreator yang tidak menggunakan AI. Inilah mengapa kami ingin menghadirkan AI ke ujung jari semua basis pengguna kami. Satu-satunya cara untuk berhasil dalam AI adalah dengan menerimanya," imbuhnya.

Kreator juga tidak perlu khawatir tentang model yang dapat mencuri konten artis, membuat ulang, dan menyajikannya tanpa kredit atau izin dari pencipta.

Adobe mengatakan Firefly akan memberi penekanan pada pemberian kesempatan untuk memanfaatkan keterampilan dan kreativitas konten kreator, serta melindungi karya mereka.

Lebih lanjut, Adobe juga menegaskan Firefly dilatih dari perpustakaan stok gambar milik perusahaan, bersama dengan domain publik dan karya berlisensi. Adobe telah bekerja untuk mengurangi bias dalam data pelatihan yang dapat direfleksikan oleh model AI.

Untuk saat ini, Firefly tersedia di situs web Adobe, tetapi perusahaan akan membangun alat tersebut langsung ke alat lain, dimulai dengan perangkat lunak pengedit gambar Photoshop, Illustrator untuk desain, dan Adobe Express untuk membuat video cepat.