Bagikan:

JAKARTA- Adobe Inc  mengumumkan pada Senin 17 April rencananya untuk memperkenalkan fitur kecerdasan buatan (AI) baru ke dalam perangkat lunak pengeditan video yang digunakan oleh industri film dan televisi.

Fitur-fitur ini akan memungkinkan pengedit video melakukan hal-hal seperti mengubah pencahayaan dalam sebuah adegan dari siang hari menjadi senja atau menghasilkan musik latar belakang hanya dengan mengetik beberapa kata untuk memberi tahu sistem apa yang harus dilakukan. Fitur-fitur ini dikembangkan berdasarkan sistem baru yang disebut Adobe Firefly yang diperkenalkan oleh perusahaan bulan lalu untuk menghasilkan gambar dan teks.

Adobe tengah memanfaatkan minat yang meningkat terhadap AI generatif yang dipicu oleh aplikasi dukungan dari Microsoft Corp, OpenAI dan Stability AI yang memungkinkan pengguna membuat gambar baru hanya dengan beberapa kata deskripsi.

Namun, setelah Getty Images menggugat Stability AI dengan tuduhan bahwa startup tersebut menggunakan gambar berhak cipta dari Getty dalam pelatihan sistem AI-nya, pertanyaan hukum muncul tentang apakah hasil dari sistem AI semacam itu dapat digunakan untuk pekerjaan komersial.

Adobe, sebagai salah satu pemasok perangkat lunak terbesar untuk seniman visual dan video, menjamin pelanggannya bahwa hasil dari sistem Firefly mereka akan berada dalam batasan hukum yang aman untuk digunakan dalam pekerjaan komersial.

Fitur video baru dari Adobe akan memungkinkan pengguna memberi tahu sistem AI untuk membaca skenario dan secara otomatis menghasilkan storyboard untuk bagian yang selesai, bahkan merekomendasikan beberapa adegan untuk potongan kasar dari cerita.

Untuk industri periklanan, sistem ini akan mencakup fitur-fitur yang dapat mengambil rekaman dan menghasilkan musik latar belakang dan latar belakang yang berbeda untuk menampilkan iklan di negara-negara yang berbeda.

"Dengan satu tombol, kami dapat menghasilkan 1.000 versi dari video yang sama yang lokal," kata Ivo Manolov, Wakil Presiden Adobe untuk Penawaran Enterprise Digital dan Audio Video, dalam wawancara dengan Reuters.

Adobe sedang menguji sistem ini sekarang dan berencana untuk merilis fitur video ini pada akhir tahun ini.