Mantan Eksekutif Amazon Jadi CTO Baru di Gojek
Severan Rault sebagai Chief Technology Officer (CTO) Grup Gojek (dok. Gojek Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Gojek resmi menunjuk mantan Eksekutif Amazon Severan Rault sebagai Chief Technology Officer (CTO) Grup baru. Severan akan menggantikan Ajey Gore dalam mengelola tim engineering Gojek di Asia Tenggara dan India.

"Kami menyambut baik Severan yang menjadi CTO Gojek. Keahlian mendalam, antusiasme serta kepemimpinan Severan akan membawa pengembangan produk dan layanan Gojek ke jenjang yang lebih tinggi," ujar Co-CEO Gojek Kevin Aluwi, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 22 Juli. 

Dijelaskan Kevin, Severan akan bertanggung jawab untuk keseluruhan teknologi yang ada di ekosistem Gojek, termasuk menyediakan akses terhadap beragam layanan mulai dari transportasi hingga pembayaran GoPay. Menurut Kevin dalam skala kompleksitas, Gojek ingin berkembang ke jenjang yang lebih tinggi. 

Severan bukan orang baru di industri teknologi global. Berbekal pengalaman lebih dari 20 tahun, Severan telah menduduki posisi penting di sejumlah perusahaan besar seperti Amazon dan Microsoft. 

Di Amazon, Severan pernah menjabat sebagai Direktur Software Development yang juga memimpin tim engineeringnya untuk menciptakan Amazon Prime Air. Sebuah layanan antar barang milik Amazon menggunakan pesawat nirawak atau drone.

Tak hanya itu, Severan juga pernah menduduki jabatan eksekutif penting di Microsoft. Di mana ia, mejadi Principal Architect di Bing, serta Principal Development Manager untuk Microsoft OneApp. 

Sebagai pengusaha berpengalaman, Several juga pernah mendirikan perusahaan solusi nirkabel Kikker Interactive, yang kemudian diakuisisi Microsoft pada 2008. Dirinya juga pernah membuat perusahaan realitas maya (virtual reality) bernama Betawave yang menjadi perusahaan terakhir tempat ia bekerja sebelum bergabung dengan Gojek.

"Saya bergabung dengan Gojek karena misi sosial positif perusahaan. Membantu jutaan orang untuk mendapatkan penghasilan menjadi kepuasan tersendiri," ungkap Severan.

Diakui Severan, tantangan-tantangan teknis terkait pengembangan layanan yang dibutuhkan masyarakat sangat menantang untuk dikembangkan. Mulai dari isu pengembangan yang dibutuhkan oleh solusi cloud tercanggih, hingga pengaplikasian mendalam teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). 

"Gojek adalah seperti mimpi bagi inovator seperti saya," imbuhnya yang sudah bergabung dengan Gojek sebagai Head of Engineering untuk platform lokapasar (marketplace), sejak awal tahun 2020.