Papua Jadi Wilayah Terbesar Pada Sebaran Pembangunan BTS 4G
Menara BTS akan semakin banyak dipasang di papua. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Selama tahun 2021 dan 2022 wilayah Papua akan segera terjangkau layanan 4G, khususnya di area blank spot. Dengan total pembangunan infrastruktur BTS 4G yang secara keseluruhan berjumlah 5.204 lokasi.

“Di seluruh Papua rencananya akan dibangun tambahan BTS 4G sebanyak 5.204 lokasi dalam dua tahun ini. Sedangkan untuk seluruh Indonesia, seluruh BTS 4G yang akan dibangun dalam dua tahun ini totalnya ada 7.904 lokasi," ungkap Direktur BAKTI Kominfo Anang Latif dalam keterangan yang dikutip VOI dari laman Kemenkominfo, Kamis, 7 Oktober.

"Itu berarti sekitar 65 persen dari total keseluruhan pembangunan BTS 4G nasional berada di Papua,” imbuhnya.

Anang menegaskan hal itu sejalan dengan pemerintah yang akan terus melakukan percepatan transformasi digital. “Terlebih masyarakat Papua dalam program percepatan transformasi digital nasional ini mendapatkan fokus secara khusus, karena pertimbangan wilayah dan tingkat digitalisasinya, kuantitas BTS 4G yang dibangun pun jumlahnya tidak main-main,” ujar Anang.

Lebih lanjut, Anang juga merinci jumlah 5.204 lokasi BTS 4G di Papua melengkapi ratusan BTS yang telah dibangun pada tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun 2015 sampai dengan tahun 2020 di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat telah dibangun sebanyak 437 lokasi. Terdiri dari 224 lokasi BTS di Papua Barat dan 213 lokasi BTS di Papua,” jelas Anang.

Sebelumnya seperti  diwartakan, PT Telekomunikasi Seluler Indonesia (Telkomsel) juga akan menyelenggarakan layanan BTS 4G di wilayah 3T, dan itu meliputi Papua. Dan akan terbagi dalam 9 area paket kerja sama. XL Axiata juga mendapatkan satu paket area BTS 4G.

Adapun kesembilan area tersebut adalah:

  1. Sumatera: XL Axiata
  2. Nusa Tenggara: Telkomsel
  3. Kalimantan: Telkomsel
  4. Sulawesi: Telkomsel
  5. Maluku: Telkomsel
  6. Papua Barat: Telkomsel
  7. Papua Tengah Barat: Telkomsel
  8. Papua Tengah Utara: Telkomsel
  9. Papua Timur Selatan: Telkomsel